berita

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Adakan Penyuluhan Pola Asuh Anak di Desa Sembunganyar

Latifah | Kamis, 02 Agustus 2018 - 11:20:32 WIB | dibaca: 85 pembaca

Devisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler UNTAG Surabaya mengadakan penyuluhan pola asuh anak di Desa Sembunganyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Kegiatan yang bertempat di TK Asy Syafi’iyyah Kalanganyar tersebut mengangkat tema ''Peran Orang Tua dalam Menangani Dampak Negatif Tontonan Televisi Bagi Anak'', Senin (30/7).

Miftahur Rizky Fitria salah satu panitia acara menuturkan kebanyakan anak-anak di sekitar TK Asy Syafi'iyyah perkembangannya sangat terpengaruh oleh tontonan televisi yang tidak sesuai dengan umur anak, bahkan sebagian wali murid menyatakan tontonan televisi beradegan tidak baik ditiru langsung oleh anak-anak.

''Kebanyakan wali murid atau orang tua merasa bahwa dengan menonton televisi anak-anak mudah diatur, tidak nakal, bahkan agar anak tidak bermain di luar rumah. Itu pola pikir yang kurang tepat. Sehingga kita adakan acara ini agar bisa memotivasi para orang tua mengalihkan tontonan televisi yang tidak baik dengan kegiatan yang lebih positif dan edukatif,'' paparnya pada warta 17 Agustus.com.

Penyuluhan ini, lanjutnya, agar para orang tua lebih semangat untuk menggali potensi dan skill apa yang dikuasai anak.

''Semoga penyuluhan yang kami adakan ini dapat mengalihkan tontonan televisi yang tidak dan dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak,'' harap Mifta.

Sementara itu, Khobir S.IP, Kepala Desa Sembunganyar mengatakan wali murid sangat antusias mendengarkan materi, berinteraksi dengan peserta KKN dan narasumber. Dia juga berharap kegiatan KKN UNTAG Surabaya dapat dilaksanakan lagi di waktu berikutnya.

''Penyuluhan pola asuh anak ini sangat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi wali murid. Selain itu, acara ini pun mampu memberi pengaruh pola pikir wali murid TK Asy Syafi'iyyah agar lebih waspada dan mendampingi anak-anak pada saat menonton televisi. Semoga lain waktu ada KKN UNTAG Surabaya lagi di desa kami,'' ujarnya.

Adapun dosen UNTAG Surabaya yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri adalah Dra.Tatik Meiyuntariningsih, M.Kes (Wakil Dekan Fakultas Psikologi).








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)