berita

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Kurangi Tuna Aksara Melalui Bimbingan Belajar Baca Tulis

Latifah | Jumat, 12 Januari 2018 - 13:59:56 WIB | dibaca: 239 pembaca

Divisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-Reguler Semester Ganjil 2017/2018 UNTAG Surabaya menyelenggarakan bimbingan belajar baca tulis untuk orang tua buta aksara. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Minggu tersebut dilaksanakan di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Bangkalan (2-24/12/2017).

Menurut laporan dari Seksi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan bahwa jumlah warga buta huruf di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, masih tinggi. Dari jumlah penduduk 1,2 juta, sekitar enam persen di antaranya masih belum bisa membaca dan menulis. Sementara di tahun 2015 sebanyak 80.617 orang masih buta huruf.

“Sebelum KKN dilaksanakan kami mendapat keluhan dari kepala dusun yang menyayangkan warganya banyak yang tidak bisa membaca dan menulis,” Kata penanggung jawab bimbingan belajar baca tulis, Husnul Hotimah.

Lebih lanjut Husnul menjelaskan, banyak warga yang mengeluhkan ketika bepergian tidak bisa membaca informasi sehingga harus menanyakan dulu kendaraan dengan kode tertentu bertujuan ke mana.

“Berdasarkan hal itu kami termotivasi untuk mengadakan bimbingan belajar untuk orang tua dan alhamdulillah direspon positif oleh warga setempat,” terang Husnul kepada warta17agustus.com.

Mahasiswa angkatan 2013 itu, berharap dengan kegiatan tersebut dapat mengurangi angka buta huruf untuk orang tua di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Bangkalan.

“Semoga orang tua yang tidak bisa baca dan menulis menjadi bisa membaca dan menulis dengan benar dan dengan adanya kegiatan ini sedikit merubah atau meminimalisir jumlah masyarakat yang tuna aksara di Bangkalan,” tutup mahasiswa Teknik Industri itu.








Komentar Via Website : 2
Dewi
12 Januari 2018 - 15:22:07 WIB
this is the best page I've ever visited happy to be in your amazing page I found your page from google
http://www.mengobatikankerserviks.com/
Cara Mengobati Usus Buntu Kronis
17 Januari 2018 - 15:18:12 WIB
Terima kasih atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali :)
https://goo.gl/e5A4JC
https://goo.gl/bw24ZA
http s://goo.gl/8SR7UA
https://goo.gl/Ge7MLT
https://goo .gl/W3s4x2
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)