berita

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Membuat Inovasi Donat dari Kulit Pisang

Menik | Rabu, 07 Februari 2018 - 11:19:29 WIB | dibaca: 68 pembaca

Devisi Kewirausahaan Kelompok 16 KKN Reguler Semester Ganjil 2017/2018 UNTAG Surabaya membuat inovasi donat kulit pisang. Proses pembuatan donat tersebut berlangsung di RT/04, RW/02 Kelurahan Kedopok, Probolinggo, Jum’at (26/1/2017).

Ketua Devisi KWU Kelompok 16, Hana Dewanthi Putri, mengatakan di RT/04, RW/02 Kelurahan Kedopok setiap hari ada kurang lebih 4 kg limbah kulit pisang yang berasal dari home industri keripik pisang. Sebagian warga ada yang memanfaatkan kulit pisang tersebut menjadi pakan ternak dan sebagian dibuang begitu saja.

Jika hal tersebut berlangsung terus-menerus akan mempengaruhi kondisi lingkungan di sekitar,” ucap Hana saat dikonformasi warta17agustus.com.

Lebih lanjut mahasiswa Sastra Inggris itu menjelaskan, limbah kulit pisang sebenarnya memiliki nilai jual yang menguntungkan apabila diolah menjadi produk dan dikelola dengan baik. Menurut Hana, kulit pisang yang berwarna kuning dan masih segar memilki kandungan gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi vitamin B, vitamin C, dan air. Oleh karena itu, kata dia, pemanfaatan kulit pisang sangat bermanfaat khususnya di Kelurahan Kedopok dimana ditempat ini banyak limbah kulit pisang yang kurang optimal pemanfaatnnya.

“Kami membuat inovasi kulit pisang diolah menjadi donat, kulit pisang bisa digunakan sebagai bahan karbohidrat dalam membuatan donat. Cara pembuatan donat kulit pisang hampir sama dengan pembuatan donat pada umumnya. Perbedaannya ada pada penambahan kulit pisang yang telah dihaluskan sehingga akan mengurangi penggunaan tepung terigu, sehingga akan didapatkan donat dengan jumlah yang sama namun memiliki kandungan nutrisi yang berbeda,” jelasnya.

Hana berharap dengan inovasi donat dari kulit pisang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Kedopok, meningkatkan nilai jual limbah kulit pisang melalui ragam olahan makanan, dan terbentuknya kelompok usaha.

“Semoga dengan adanya pengembangan donat dari kulit pisang ini dapat memotivasi masyarakat untuk membentuk kelompok usaha di Kelurahan Kedopok, yang mana nantinya bisa menjadi ciri khas yang dikenal dengan kelurahan yang kaya akan UKM,” pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)