berita

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Membuat PJU Bertenaga Surya di Desa Pangpong

Latifah | Kamis, 04 Januari 2018 - 11:18:06 WIB | dibaca: 153 pembaca

Kelompok 2 Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-Reguler UNTAG Surabaya membuat Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga surya. Alat tersebut dipasang di jalan baru perbatasan Dusun Barat Leke dengan Dusun Nyiur, Desa Pangpong, Labang, Bangkalan, Minggu (17/12/2017).

Ketua Devisi Teknologi Tepat Guna (TTG) Moh. Bisri Efendi mengatakan, Desa Pangpong masih minim PJU, sehingga diperlukan penambahan salah satunya mengaplikasikan penerangan lampu dengan tenaga surya.

“PJU dengan tenaga surya untuk memberikan penerangan jalan desa yang belum terfasilitasi lampu. Selain itu, memberikan pengetahuan sekaligus penerapan pemanfaatan energi terbarukan (tenaga surya),”  ungkapnya kepada warta17agustus.com.

Mahasiswa Teknik Elektro itu menjelaskan, pembuatan PJU bertenaga surya terinspirasi dari masyarakat perkotaan yang sudah memanfaatkan tenaga surya menjadi energi listik.

“Di kota sudah banyak yang menggunakan PJU bertenaga surya, mengapa tidak kita realisasikan pemanfaatkan tenaga surya di desa-desa juga,” ucap Efendi.

Efendi menambahkan, pembuatan PJU di desa agar masyarakat merasa nyaman ketika melakukan perjalanan di malam hari. Dia juga berharap apa yang sudah dilakukan oleh kelompoknya dapat memberikan motivasi masyarakat untuk membuat PJU pada jalan yang masih kekurangan lampu.

“Kita juga berikan cara pembuatan PJU beserta modulnya sehingga bisa berkelanjutan dan menjadi inspirasi untuk mereka.  Semoga apa yang telah kami lakukan dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan oleh warga desa Pangpong,” harap Efendi. 








Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)