berita

Mahasiswa UNTAG Surabaya Adakan Penyuluhan P3K di SMK Sunan Drajat Dusun Sidomulyo, Gersik

Redaksi | Jumat, 10 Agustus 2018 - 09:39:05 WIB | dibaca: 92 pembaca

Divisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNTAG Surabaya mengadakan Penyuluhan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) untuk siswa-siswi SMK Sunan Drajat Dusun Sidomulyo. Kegiatan tersebut bertempat di Aula SMK Sunan Drajat Desa Babakbawo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Senin (30/07).

P3K yang merupakan hal paling diperlukan ketika terjadi kecelakaan baik ringan maupun parah. P3K sendiri memiliki arti sebagai upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan.

Bella Hayyu Cahyanti salah satu anggota Devisi Penkes Desa Babakbawo mengatakan, secara geografis Desa Babakbawo lebih luas ladang dan sawah dari pada bangunan dan jalan. Sehingga memiliki potensi serangan ular, keracunan makanan, atau bahkan terluka saat panen.

‘’Kita mendatangkan Herlina Kusumaningrum, S.Sos., M.A dan Iki Fathki (anggota Palang Merah Indonesia) sebagai narasumber penyuluhan dan simulasi kepada adik-adik tingkat SMK agar mereka mengerti mengenai tindakan pertolongan pertama pada kondisi darurat,dllnya,’’ ucap Bella

Lebih lanjut, Bella menyampaikan, kegiatan ini sangat diperlukan mengingat SMK Sunan Drajat Dusun Sidomulyo, Desa Babakbawo tidak memiliki ekstra Palang Merah Remaja (PMR) maupun Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

‘’Perlunya pengetahuan bagi warga, khususnya pelajar SMK tentang pertolongan pertama agar siswa mengetahui teknik-teknik P3K,’’ ujarnya

Dengan adanya penyuluhan ini, ia berharap pihak SMK Sunan Drajat mulai membentuk ekstra PMR maupun UKS sehingga bisa membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan pertama di desanya.

‘’Semoga ilmu yang telah disampaikan bisa bermanfaat ketika diperlukannya pertolongan pertama pada kecelakaan dengan menggunakan teknik yang baiknya dan benar,’’ papar Bella (Gilang)

 

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)