Hasil Karya

Mahasiswa UNTAG Surabaya Manfaatkan Bonggol Jagung Menjadi Lampion

Latifah | Selasa, 27 Februari 2018 - 10:05:09 WIB | dibaca: 267 pembaca

Mahasiswa UNTAG Surabaya yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pakistaji, Probolinggo memanfaatkan boggol jagung menjadi kerajinan lampion. Dalam pengerjaannya, mahasiswa KKN Kelompok 8 tersebut bekerjasama dengan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Menurut Ketua Divisi Kewirausahaan KKN kelompok 8, Panji Dewantara, ide untuk memanfaatkan limbah boggol jagung menjadi kerajinan lampion survei yang dilakukan sebelum KKN dilaksanakan. Dari hasil survei tersebut, ternyata banyak boggol jagung yang belum dimanfaatkan dengan baik.

‘’Selama ini masyarakat di Kelurahan Pakistaji hanya memanfaatkan limbah jagung sebagai pakan ternak saja. Sehingga kami coba untuk mengkreasikan bonggol jagung menjadi produk kerajinan lampion,’’ kata Panji saat dikonfirmasi warta17agustus.com.

Pembuatan lampion, jelas Panji, tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak sulit dalam prosesnya. Bonggol jagung tinggal dipotong menjadi potongan lingkaran kecil-kecil. Satu lampion membutuhkan sekitar 105-125 potongan.

‘’Sebelum praktik, kami mengadakan penyuluhan proses pembuatan lampion dari bonggol jagung. Ibu-ibu PKK sangat antusias dalam penyuluhan ini,’’ terangnya.

Mahasiswa program studi Akutansi tersebut, menambahkan pada tahap awal, kelompoknya memberikan edukasi kepada PKK agar memanfaatkan bonggol jagung menjadi lampion untuk dipakai sendiri.

‘’Untuk selanjutnya warga bisa menjual hasil kerajinan tersebut untuk membantu perekonomian Kelurahan Pakistaji,” ujar Panji.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)