prestasi

Mahasiswa Untag Surabaya Sabet 3 Medali Langsung Dalam Kejuaraan Selam Nasional

Ma`arif | Selasa, 08 Oktober 2019 - 11:50:22 WIB | dibaca: 317 pembaca

Satu lagi, Mahasiswa Untag Surabaya berhasil mengharumkan nama kampus dengan prestasinya. Ananda Rahmatulloh, Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis FISIP Untag Surabaya sabet 3 medali sekaligus dalam Kejuaraan Selam Nasional Bupati Cup Situbondo dengan 3 kategori yang berbeda.

Saat ditemui, mahasiswa asli kelahiran kota pahlawan itu menerangkan kejuaraan yang berlangsung selama 2 hari itu diadakan pada tanggal 30 Agustus – 01 September 2019 dengan nama Kejuaraan Nasional Bupati Cup Situbondo.

‘’Ini merupakan event tahunan dari kota Situbondo yang diadakan oleh bupatinya sendiri. Pada kejuaraan kali ini saya mendapatkan 3 medali yaitu juara 1 dikedalaman 3.000 meter, juara 2 kedalaman 1.000 meter dan juara 3 dikedalaman 500 meter. Sedangkan untuk tahun kemarin saya juga sempat mengikti event ini dan mendapatkan 4 medali emas sekaligus,’’ terangnya kepada warta 17 agustus, Rabu (02/10).

Persiapan yang dilakukan sekitar dua bulan sebelum mengikuti kejuaraan, dengan menekankan lebih pada latihan ketahanan tubuh dan lebih lama dalam air serta mengurangi latihan fisik dari atlit sendiri. Karena dalam kejuaraan yang diutamakan adalah ketahanan dan kekuatan nafas saat berada di air. 

‘’Untuk latihannya kita dalam satu tim hampir setiap hari, sedangkan untuk latihan kejuaraan atau lomba biasanya dipersiapkan sejak dua bulan sebelum hari H. Dengan lebih menekankan ketahanan tubuh dan ketahanan nafas sehingga mampu bertahan lebih lama dalam air dan bisa juara,’’ pungkas mahasiswa yang juga anggota UKM Musik itu.

Mahasiswa FISIP itu mengaku bahwa sudah sejak 10 tahun lalu tertarik pada olahraga air, saat dirinya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Awalnya dari renang yang digelutinya dan pindah ke olahraga selam 2 tahun yang lalu.

‘’Dulu orang tua mengarahkan ke renang. Sayangnya di renang banyak saingan, karena melihat banyak peluang di kejuaraaan selam, jadi pindah haluan. Kalau untuk rutin di selam ini baru dua tahun, tetapi sudah sering ikut kejuaraan,’’ ungkapnya.

Diakhir wawancara, Ananda mengatakan bahwa target kedepannya dapat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di Sumatera Utara. Sedangkan untuk event terdekat adalah Kejuaraan Nasional Gubernur Jatim Cup pada bulan November tahun 2019.

‘’Harapannya secara pribadi bisa menjadi atlit yang membanggakan keluarga, saudara, tim dan kampus Untag Surabaya khususnya. Dengan terus mengikuti event – event kejuaraan baik tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional nantinya, semoga itu semua dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar,’’ harap Ananda.