berita

Mahasiswa UNTAG Surabaya Terapkan Metode Storytelling Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa SD

Latifah | Selasa, 06 Februari 2018 - 13:03:57 WIB | dibaca: 200 pembaca

Divisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) Kelompok 10 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Semester Ganjil 2017/2018 UNTAG Surabaya melakukan penerapan metode storytelling untuk menumbuhkan minat baca pada siswa sekolah dasar. Kegiatan yang berlangsung di SDN Wonoasih 1 Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo tersebut berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu (29-31/01/2018).

Ketua devisi Penkes Kelompok 10, Nur Rosalia Febriarta, mengungkapkan  dipilihnya metode storytelling dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat baca siswa, memperluas pengetahuan siswa tentang cerita dongeng, memberi stimulus anak untuk berimajinasi, berfikir kreatif, dan menumbuhkan sikap berani untuk public speaking.

“Saat ini siswa kelas 1 SD di Kecamatan Wonoasih masih banyak yang belum bisa membaca, padahal telah ada fasilitas berupa perpustakaan sekolah dan ruang pojok sekolah untuk membaca, tetapi masih saja kurang minat bacanya,” kata Rosalia kepada warta17agustus.com.

Lebih lanjut dia mengatakan kurangnya minat baca tersebut dikarenakan belum maksimal motivasi yang berikan kepada siswa. Selain itu, disebabkan masih kurangnya pendampingan dari guru dan metode untuk menumbuhkan minat baca pada siswa. Untuk itu, penerapan metode storytelling merupakan salah satu cara yang tepat untuk menumbuhkan minat baca siswa SD.

“Kami menerapkan metode mendongeng, karena sasarannya siswa kelas 1, 2, dan 3. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menerapkan gemar membaca dan belajar dengan metode mendongeng. Sehingga dengan mendongeng mereka belajar untuk mulai suka membaca serta belajar bersama dari nilai-nilai yang muncul pada cerita dongeng tersebut,” jelas Rosalia.  

Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2014 itu menambahkan, dalam menerapkan metode storytelling, kelompoknya dibimibing oleh Dr. Andik Matulessy, M.Si (dosen Psikologi UNTAG Surabaya). Dia juga menjelaskan alasan memilih SDN Wonoasih 1 sebagai tempat penerapan metode storytelling karena sekolah tersebut merupakan  salah satu sekolah yang menjadi acuan SD lain.

“Kami sangat berharap para guru di sana dapat melanjutkan program ini, sehingga siswa-siswanya lebih inovatif lebih kreatif lagi. Jadi, tidak hanya bercerita dongeng saja, tetapi juga mulai cerita cerpen, dan lain sebagainya,” ujar Rosalia.








Komentar Via Website : 1
Cara Mengatasi Alergi
20 Februari 2018 - 15:52:46 WIB
Happy Tuesday, may your day be good
https://goo.gl/GTEHyx
https://goo.gl/S2yMqS
https://goo.gl/LwPLrs
https://goo.gl/i7MUa5
https:/ /goo.gl/Q3d11N
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)