berita

Mahasiswa UNTAG Surabaya Tingkatkan Kesadaran Berkoperasi Masyarakat Melalui Penyuluhan Manajemen Koperasi

Latifah | Selasa, 03 Juli 2018 - 11:18:29 WIB | dibaca: 73 pembaca

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-Reguler UNTAG Surabaya di Desa Katimoho, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik mengadakan Penyuluhan Manajemen Koperasi. Kegiatan yang diadakan oleh Devisi Kewirausahaan tersebut berlangsung di Balai Desa Katimoho dengan mendatangkan narasumber dari Fakultas Ekonomi UNTAG Surabaya Dr. Tri Andjarwati, MM, Minggu (20/5).

Alamin Ibnu Fajar, Ketua Devisi Kewirausahaan mengatakan di Desa Katimoho citra koperasi di tengah masyarakat semakin memburuk, karena banyak koperasi tidak aktif dengan legalitas yang tidak memadai, terlilit persoalan hukum, bahkan pengurus, anggota, akte serta alamatnya sulit untuk diidentifikasi.

‘’Kita ingin membenahi sistem pembukuan koperasi yang selama tujuh tahun ini tidak dilakukan dengan benar oleh pengurus Koperasi Katimoho yang mengakibatkan para pengurus tidak tahu secara pasti berapa dana yang tersisa dan berapa dana yang masih dipinjam oleh masyarakat desa yang belum dikembalikan,’’ ungkapnya saat diwawancarai pihak warta17agustus.com.

Lebih lanjut, mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi angkatan 2014 itu mengatakan, bahwa semua masalah kelembagaan koperasi yang disebutkan sebelumnya merupakan persoalan-persoalan akut yang perlu segera ditangani dan tidak mungkin diserahkan pada masyarakat, karena kesadaran untuk berkoperasi belum sepenuhnya tumbuh berkembang sebagai sebuah kebutuhan.

‘’Dengan adanya penyuluhan ini Warga Katimoho diharapkan bisa memahami dan mempraktikan cara yang benar, transparansi dan memiliki akuntabilitas dalam mengelola koperasi,’’ harap mahasiswa asal Lamongan itu.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)