Religi

Mari Tingkatkan Iman dan Taqwa di Bulan Suci Ramadhan

Kusnan | Senin, 29 Mei 2017 - 09:58:45 WIB | dibaca: 679 pembaca

Khotib sekaligus imam sholat Jum’at Masjid Baitul Fikri UNTAG Surabaya Dr. Achmad Syafi’i, M.Si mengajak kepada seluruh jama’ah untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Jum’at (26/5/2017). Lebih-lebih saat menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan.

Dr. Achmad Syafi’i diawal khutbahnya menjelaskan, tentang penting ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ilmu maka akan memperkuat iman seseorang, dan akan lebih baik lagi jika menjadi dasar dalam menjalankan aktivitas. Selanjutnya, dengan iman yang kuat akan menaikan derajat manusia pada tingkat ketaqwaan.

“Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa menginginkan yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya, dan barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula, dan barang siapa menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki kedua-duanya (H.R. Bukhari dan Muslim),” kata dosen Pendidikan Agama Islam itu.

Menurut Dr. Achmad Syafi’i, jika semua aktivitas manusia dalam kehidupan ini didasari oleh iman, maka Allah SWT akan meridhoi kegiatannya tersebut sebagai ibadah. Terlebih lagi perilaku saat di bulan puasa, karena bulan ini penuh rahmat dan ampunan.

“Allah SWT mewajibkan berpuasa bagi hambanya yang beriman untuk meningkatkan taqwa. Ibadah puasa tidak hanya diwajibkan bagi umat sekarang melainkan juga bagi umat terdahulu,” tambahnya.

Sementara itu, perintah Allah SWT tentang puasa tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 183, yang artinya Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

“Mari kita perbanyak amal pebuatan baik karena bulan puasa penuh rahmat dan ampunan. Di dalam bulan puasa ada malam yang dinanti-nanti oleh semua orang yang menjalankan ibadah puasa, yaitu lailatul qodar,” tutup Dr. Achmad Syafi’i.

Pada tahun 2017 ini, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei 2017 M. Tanggal tersebut juga disepakati oleh organisasi islam seperti Nahdlatul ‘Ulama (NU), Muhammadiyah, dan ormas islam lainnya.








Komentar Via Website : 1
cara menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa ramadhan
21 Mei 2018 - 14:55:21 WIB
may it be a blessing
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)