berita

Membedakan Akun Bot Dengan Akun Asli Pada Twitter

Yogi | Senin, 07 Oktober 2019 - 11:33:11 WIB | dibaca: 30 pembaca

Media informasi semakin merajalela pada zaman digital seperti saat ini. Hampir tidak dapat dibendung, setiap hari seseorang selalu mendapatkan informasi, terlepas dari informasi tersebut akan berdampak positif dan negatif, atau benar dan tidaknya sebuah informasi yang diterima. Di media sosial seseorang dengan mudah menyebarkan informasi tersebut, bahkan beberapa memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan dengan tujuan yang bermacam-macam.

Hal semacam itu juga menyebabkan maraknya akun akun palsu atau akun bot yang bermunculan dan dikhawatirkan akan meprovokasi masyarakat luas seperti kasus - kasus yang sering terjadi. Akun bot sering digunakan bagi para pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melambungkan kata kunci atau tagar tertentu dengan tujuan supaya kata kunci tersebut menjadi trending topic. Bagi orang awam tidak mudah membedakan mana akun bot dan mana akun yang asli.

Menurut Dwi Ardiansyah selaku Country Industry Head Twitter Indonesia mengatakan bahwa ada cara sederhana untuk membedakan mana twit dari akun bot atau mana twit dari pengguna twitter asli. Cara yang mudah yaitu dengan menelusuri dengan perangkat apa twit tersebut diposting.

‘’Coba buka satu twit, di situ nanti akan muncul dari mana twit ditulis. Misalnya Twitter for Android, atau Twitter for iPhone,’’ kata Dwi Ardiansyah, pada Kamis (27/9/2019).

Tidak hanya itu, Dwi juga melanjutkan bahwa tanda itu menunjukkan twit yang diposting berasal dari perangkat dan aplikasi yang resmi. Karena biasanya akun - akun bot dapat memposting twit dengan cara yang otomatis. Hal ini sering terjadi untuk kepentingan tertentu, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, bukan aplikasi resmi.

‘’Di luar itu, bisa jadi memang ada kebutuhan lain yang diciptakan oleh pihak ketiga. Itu terlihat mana yang digunakan oleh manusia dan mana yang digunakan oleh platform lain,’’ imbuh Dwi.

Terakhir Dwi menekankan bahwa sebenarnya akun-akun bot itu sendiri tidak 100 persen negatif. Ada sejumlah akun yang dibuat dengan tujuan yang positif seperti untuk Customer Service atau informasi terkait adanya bencana yang merujuk dari sumber yang kredibel dan dipercaya oleh masyarakat luas

‘’Tapi memang, abusive behavior dari pengguna twitter memang pasti ada di mana - mana. Hal Itulah yang saat ini berusaha kami pastikan supaya twitter memiliki pengguna atau user yang sehat,’’ tutup Dwi.

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2019/09/27/13490037/begini-cara-mengetahui-akun-bot-di-twitter