Artikel

Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Bagi Calon Mahasiswa Baru 2019

Redaksi | Rabu, 19 Juni 2019 - 10:52:39 WIB | dibaca: 4753 pembaca

Bulan Juni identik dengan pendaftaran siswa atau mahasiswa. Pada bulan tersebut biasa dikatakan awal tahun ajaran baru. Bagi lulusan SMA, SMK sederajat yang ingin memutuskan untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan, ada banyak persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah jurusan apa yang akan ditempuh.

Siapa saja yang ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi pasti tidak ingin salah langkah dalam memilih jurusan. Karena sebaiknya memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat agar proses perkuliahan tidak membosankan, dan bisa dinikmati setiap prosesnya.

Sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah, ada baiknya untuk mencari tahu jurusan apa saja yang paling diminati belakangan ini. Jurusan kuliah yang paling diminati tersebut kebanyakan menjadi pertimbangan oleh calon mahasiswa baru. Berikut adalah 5 jurusan kuliah paling diminati yang telah dirangkum pada bulan Juni tahun 2019.

Menduduki peringkat pertama adalah Kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Bagi yang ingin memilih jurusan kuliah tersebut tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingan sangat ketat. Kemudian jangan lupa untuk memilih Universitas dengan jurusan Kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Berikutnya adalah Ilmu Komputer. Jurusan kuliah yang paling diminati satu ini menempati posisi kedua setelah jurusan Kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi komputer saat ini cukup pesat sehingga banyak orang yang memiliki kemampuan dalam bidang ini sangat banyak dicari. Yang membuat jurusan kuliah Ilmu Komputer menjadi pilihan karena alumni lulusan jurusan tersebut berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan karir yang menjanjikan.

Yang ketiga adalah jurusan Hukum. Seperti halnya jurusan kuliah Kedokteran dan Ilmu Komputer yang paling diminati, jurusan yang satu ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru dan memiliki reputasi bagus. Tentu saja untuk sukses di bidang hukum tidak boleh asal dalam memilih Universitas yang menawarkan jurusan Hukum, tapi perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan hal tersebut.

Selanjutnya yaitu Ekonomi. Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah Hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ekonomi cukup banyak, namun permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan orang yang memilih jurusan kuliah paling diminati ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah berhasil menyelesaiakan pendidikan.

Terakhir adalah jurusan Teknik Mesin. Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak diminati oleh anak-anak yang baru saja lulus jenjang SMA, karena menawarkan pekerjaan dengan honor yang biasa dikatakan cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah paling diminati ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Teknik Mesin bisa segera menyiapkan diri mulai saat ini.

Semoga informasi di atas dapat menjadi sebuah pertimbangan yang tepat untuk memilih jurusan perkuliahan atau program studi bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pergurtuan Tinggi.

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda