Tokoh

Mengenal Dr. Acahmad Syafii, M.Si, Dosen dan Pendakwah

Kusnan | Selasa, 19 April 2016 - 09:18:54 WIB | dibaca: 930 pembaca

Jika melihat kecenderungan umat untuk saling menghindar dari  kewajiban dakwah dengan menunjuk yang lainnya sebagai yang lebih berhak, maka kewajiban dakwah akan lebih bijak jika dilakukan oleh setiap individu. Tetapi, lain ceritanya dengan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya, Dr. Achmad Syafi’i, M.Si.

Dr. Syafi’i yang juga sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Administrasi itu, selain sebagai dosen juga aktif di organisasi kemasyarakatan, seperti Ikatan Da’i, Ikatan Khatib, dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama di tingkat Kecamatan di Kota Surabaya.

Di masyarakat kita tidak lepas dari kegiatan pengabdian,” kata dosen kelahiran Ponorogo, 14 Pebruari 1958 itu kepada warta17agustus.com, Kamis (14/4/2016). Dr. Syafi’i juga menjabat sebagai Ketua RT di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya dan ta’mir masjid.

Aktivitas Dr. Syafi’i selaku Da’i, Khatib, dan ta’mir masjid adalah berdakwah diberbagai kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Khatib Jum’at, kutbah di acara pernikahan, kegiatan sosial dan dakwah lainnya.

Dr. Syafi’i mengatakan, agar aktivitas antara di kampus dan masyarakat bisa berjalan beriringan, tidak saling menganggu sama lain maka dibutuhkan skala prioritas. “Harus ada skala prioritas, mengajar dulu baru kegiatan yang lain,” jelasnya.

Lebih lanjut dosen yang berdomisili di Jl. Nginden Baru VIII  B-40 Surabaya itu menambahkan, semua kegiatan adalah penting dan kegiatan di masyarakat merupakan salah satu bentuk pengabdian. “Ini adalah panggilan jiwa, bukan urusan penting atau tidak, semuanya penting,” ucap Dr. Syafi’fi. Seorang dosen punya tugas penting untuk mencerdaskan dan ikut menyejahterakan rakyat dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Adapun riwayat pendidikan perguruan tinggi adalah Sarjana Peradilan Agama, IAIN Sunan Ampel (lulus 1987), Sarjana Hukum Keperdataan, Universitas Sunan Giri (lulus 1993), Magister Ilmu Administrasi, UNTAG Surabaya (lulus 1997), dan Doktor Ilmu Administrasi (lulus 2012).

PENGALAMAN PENELITIAN (5 tahun terakhir)

Tahun

Judul Penelitian

Ketua/anggotaTim

Sumber Dana

2013

Pemetaan dan sumber konflik di JawaTimur

Ketua

Pemprof Jatim

2012

Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di DinasKelautandanPerkapalanPropinsiJatim

Anggota

Pemprof Jatim

2011

Kajian Penyusunan Draf Rancangan Peraturan Daerah Tentang Kepemerintahan Yang Baik (Good Governance) Kota Mojokerto. SPK Maret 2011

Ketua

Pemkot Mojokerto

2010

Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Kecamatan Seluruh Kota Surabaya

Anggota

Pemkot Surabaya

2009

Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Kecamatan Seluruh Kota Surabaya

Anggota

Pemkot Surabaya

2009

Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di  Kantor Pelayanan Masyarakat Kabupaten Madiun

Ketua

Pemkab Madiun

2008

Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat di BLPMHP Surabaya Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi Jawa Timur

Anggota

Dinas Perikanan Dan Kelautan Pemprop Jatim

2008

Pendampingan Program Pengembangan Desa/Kelurahan Model Binaan Gardu Taskin, Kerja sama antara Perguruan Tinggi Dan LSM

Anggota

Bappemas Pemprop Jawa Timur








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)