Teknologi

Menikmati Kemudahan Fitur NFC Yang Telah Disematkan Pada Smartphone

Redaksi | Rabu, 15 Mei 2019 - 11:02:47 WIB | dibaca: 131 pembaca

Membahas terkait sistem komunikasi nirkabel pada smartphone, yang paling umum dipahami adalah Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler. Ketiga sistem tersebut populer dan banyak sekali digunakan oleh pengguna smartphone. Namun, sejalan dengan perkembangan jaman, ada sebuah sistem komunikasi nirkabel yang lebih efisien dan multi fungsi, yaitu NFC. NFC kepanjangan dari Near Field Communication, merupakan metode transfer data nirkabel yang bertugas mendeteksi dan dapat berkomunikasi tanpa koneksi internet.

Sistem kerjanya sangat mudah, cepat, dan otomatis. Perkembangan teknologi ini pun tampak sederhana berevolusi dari identifikasi radio frequency identification (RFID) atau teknologi frekuensi radio. Untuk mengaktifkan fungsinya sebagai media transfer data, cukup mudah, disentuhkan smartphone yang memiliki NFC satu sama lain sehingga fitur NFC aktif dan dapat langsung mentransfer data yang diinginkan oleh kedua pengguna, misalnya video, foto, dokumen, hingga music dan lain sebagainya.

Bahkan pengguna juga dapat menghubungkan lagu atau musik yang sedang dioperasikan oleh smartphone lain pada speaker maupun headset dengan teknologi NFC. Hal itu hanya butuh mendekatkan kedua perangkat yang sama – sama telah menggunakan fitur NFC. Untuk memutar video atau presentasi yang sedang dijalankan di smartphone pun juga dapat dihubungkan ke Smart TV melalui koneksi sistem nirkanel yang multi fungsi tersebut.

Tidak hanya sampai di situ, NFC juga dapat digunakan untuk pembayaran digital, biasanya smartphone dengan NFC memiliki beberapa layanan, seperti Google Wallet, Samsung Pay, Huawei Pay, Apple Pay dan masih banyak lagi untuk bisa mengintegrasikannya dengan mesin pembayaran yang tersedia. Menggunakan NFC dinilai jauh lebih efisien dibandingkan dengan jenis komunikasi nirkabel lainnya. Pada intinya, NFC bekerja untuk mengidentifikasi pengguna dengan kartu yang sama – sama diaktifkan.

Menariknya, pengguna kartu e – money milik beberapa bank dapat melakukan pengisian saldo hanya dengan menggunakan teknologi NFC pada smartphone mereka. Karena bank tersebut telah memiliki aplikasi yang sudah memiliki izin, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai macam transaksi mulai dari cek saldo, transfer, beli token PLN, pulsa HP hingga mengisi ulang saldo Mandiri e-Money atau e-Toll Card yang saldonya sudah mulai menipis.

Namun untuk saat ini tidak semua smartphone menyematkan fitur NFC. Di masa yang akan datang, berharap semua perangkat smartphone memiliki kemampuan NFC sehingga lebih mudah dan efisien.

Sumber : https://gadgetren.com/2018/09/27/apa-itu-nfc-di-hp-android/  

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda

                                                                                      








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)