Karya Ilmiah

Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Penerapan SAK ETAP

Menik | Senin, 09 Januari 2017 - 15:24:22 WIB | dibaca: 146 pembaca

Penelitian Lailatul Robiah tentang “Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Terhadap Laporan Keuangan” telah berhasil membawa dirinya meraih gelar sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNTAG Surabaya.

Lailatul Robiah menjelaskan laporan keuangan merupakan alat menganalisis kinerja keuangan perusahaan yang dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas, sehingga dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh manajemen. Perusahaan yang berskala kecil dan menengah saat ini sangat minim sekali yang menyajikan laporan keuangannya yang sesuai dengan pedoman Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi penyusunan laporan keuangan dan mendeskripsikan penyusunan SAK ETAP terhadap laporan keuangan perusahaan tekstil DWI PUTRA).

Dari hasil analisa penelitian mahasiswa asal Gresik tersebut menyimpulkan (1) untuk menghasilkan suatu laporan keuangan, perusahaan tekstil Dwi Putra melakukan kegiatan akuntansi sehingga muncul suatu data keuangan yang kemudian dianalisa sehingga menjadi sebuah laporan keuangan. Adapun data-data keuangan yang disusun oleh masing-masing staf yang diperlukan oleh accounting dalam penyusunan laporan yaitu: laporan penerimaan barang, nota penjualan, buku kas harian, register bank, register cek, register titipan dan laporan kas harian, (2) Penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP dimulai dari mengumpulkan bukti transaksi, menganalisa bukti transaksi, mencatat transaksi dalam bentuk jurnal.

“Simpulan ketiga dari semua siklus akuntansi (transaksi sampai dengan neraca saldo setelah penutupan) perusahaan Dwi Putra hanya menerapkan sebagian yaitu dari menganalisa bukti transaksi, menjurnal kemudian menyusun laporan keuangan yaitu pembuatan neraca dan laporan laba rugi,”tambah Lail.

“ Perusahaan Dwi Putra sebaiknya meningkatkan kesadaran akan pentingnya laporan keuangan bagi penilaian kinerja mereka dan perusahaan sebaiknya memperkerjakan karyawan dibidang akuntansi yang memadai agar penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang ada dan tidak ada karyawan yang melakukan pekerjaan rangkap,”tutupnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)