berita

Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Redaksi | Senin, 22 Juli 2019 - 11:18:48 WIB | dibaca: 4763 pembaca

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS), telah digelar SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya selama 3 hari (17 – 19/07/2019). Kegiatan yang berlangsung di halaman depan sekolah dan umum dilaksanakan oleh sekolah – sekolah lainnya tersebut bertujuan untuk menyambut peserta didik baru dan juga sebagai ajang melatih ketahanan mental, disiplin, serta mempererat tali persaudaraan.

Sri Wigiyati, S.Pd., ketua pelaksana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMPTAG Surabaya 2019 ketika ditemui tim warta17agustus.com pada Kamis (18/07/2019) mengatakan, Pengenalan Lingkungan Sekolah berlangsung selama 3 hari dengan kegiatan – kegiatan yang lebih menekanan pada pendidikan karakter siswa.

‘’Kegiatan ini sudah dimulai dari hari Rabu, 17 Juli hingga 19 Juli 2019. Meliputi kegiatan – kegiatan berbasis pada pendidikan karakter. Jadi mereka yang sebelumnya dari SD ke SMP, paling tidak ada perubahan, baik dari segi sikap, mandiri, dan tentunya yang paling utama adalah dari segi religius,’’ ucap Sri pada Warta17Agustus.com.

Jika mengacu pada Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah mengenali potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana di sekolah tersebut. Terkait hal itu, Sri juga menjelaskan detil kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMPTAG Surabaya tahun ini.

‘’Kegiatan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang pertama yaitu tentang ibadah, selanjutnya pengenalan lingkungan SMPTAG Surabaya beserta fasilitas – fasilitas yang ada. Selain itu ada kegiatan olahraga agar badan mereka sehat dan tetap semangat. Ada juga Peraturan Baris – berbaris (PBB), pengenalan literasi sekolah, dan juga tentang kebangsaan,’’ kata Sri.

Pada akhir wawancara, Sri menyampaikan harapan-harapan ke depan terkait paska kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah yang digelar selama 3 hari tersebut. Harapan pertama, siswa baru SMPTAG Surabaya yang telah mengikuti kegiatan tersebut bisa lebih terlihat perubahan karakter religiusnya, sedangkan yang kedua terkait kebijakan yang seharusya sesuai dengan peraturan Menteri.

‘’Harapan ke depan semoga dengan adanya kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini, siswa baru kami bisa lebih mandiri dan karakter religiusnya mulai terlihat ada perubahan. Sedangkan untuk tahun depan harapan kami kebijakan dari pemerintah tidak seperti ini lagi, dalam artian kebijakan yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan Menteri, yang mana pada awalnya quota per kelas untuk SMP Negeri yaitu 32 siswa, harus di kembalikan 32 siswa lagi, bukan 38 siswa seperti tahun ini, ‘’ ujar Sri sembari menutup sesi wawancara.

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda