Sorotan

Menjadi Agen Perubahan Dengan Innovative Business

Kusnan | Selasa, 02 Januari 2018 - 09:15:12 WIB | dibaca: 291 pembaca

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya bulan lalu bekerja sama dengan EQWIP Hubs Canada menyelenggarakan Seminar Entrepreneurship ''Youth Friendly Innovative Business Opportunities''. Salah satu pemateri seminar Dr. Rachmawati Novaria, MM mengatakan salah satu cara menjadi agen perubahan adalah, dengan innovative business.

Innovative business adalah perencanaan dan perancangan cara baru berbisnis melalui perubahan, perbaikan dan penyempurnaan proses bisnis yang sudah ada, baik di internal maupun berkolaborasi dengan eksternal sehingga tercipta proses kerja baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya  untuk meningkatkan nilai tambah pemangku kepentingan.

''Menjadi pebisnis haruslah memiliki niat yang kuat dan serius, menentukan tujuan, dan mampu bekerja dengan tim. Yang tak kalah penting adalah, memiliki kemampuan untuk bertindak yang baru dan berbeda (innovative business),'' kata Novaria saat ditemui warta17agustus.com di kantornya,  Selasa (2/1/2018).

Innovative business dapat dilakukan dengan cara menciptakan proses kerja baru yang memiliki keterkaitan dan saling ketergantungan antara aktivitas yang dilaksanakan para pemangku kepentingan bisnis (misalnya, pemasok, pelanggan, pemerintah dll).

''Hal itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan nilai tambah atau menciptakan nilai tambah baru yang diinginkan. Dengan innovative business seseorang bisa menjadi agen perubahan,'' ujarnya.

Wakil Dekan FISIP UNTAG Surabaya itu berharap seminar entrepreneurship yang terselenggara atas kerja sama dengan EQWIP Hubs Canada tersebut dapat menumbuhkan dan memotivasi mahasiswa dalam berwirausaha.

''Kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan dan memotivasi mahasiswa dalam berwirausaha,'' tutup Novaria.

Seminar yang berlangsung di Ruang Auditorium itu selain menghadirikan Wakil Dekan FISIP, Dr. Rachmawati Novaria, MM juga dihadiri oleh Business Owner of Oost Koffie dan Thee, Widyoseno Estitoyo.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)