Tokoh

Mewakili Asia Tenggara, Kepala PLP Untag Surabaya Menjadi Pengurus Asosiasi Psikologi Lintas Budaya Internasional

Redaksi | Senin, 04 Februari 2019 - 09:33:00 WIB | dibaca: 404 pembaca

Dr. Andik Matulessy M.Si., Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya memiliki segudang pengalaman organisasi, baik di lingkup Nasional maupun Internasional. Sejak menagawali karirnya, Kepala PLP (Pusat Layanan Psikologi) Untag Surabaya itu, saat ini menjadi perwakilan Regional Asia Tenggara sebagai pengurus Asosiasi Psikologi Lintas Budaya Internasional yaitu IACCP (International Association of Cross Cultural Psychology) 2018 – 2020.

Pria kelahiran Bojonegoro, 22 Desember ini, selain menjadi Dosen dirinya pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Psikologi Untag Surabaya, Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan IT UNTAG Surabaya sampai menjadi Wakil Ketua II Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

''Ada beberapa tugas terkait dalam jabatan itu, salah satunya untuk menjadi ketua pemeriksaan psikologi dalam Pilkada serentak tahun 2017/2018. Kemudian menjadi Ketua Team Seleksi dan Rekrutmen serta Evaluasi Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi tahun 2018,’’ paparnya saat ditemui team warta17agustus beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, di bidang Psikologi Lintas Budaya, saat ini sebagai Pengurus yang mewakili tingkat Regional Asia Tenggara tahun 2018 sampai 2020 di IACCP (International Association of Cross Cultural Psychology). Kepercayaan lain ditingkat Internasonal yaitu menjadi Ketua OC (Organizing Comite) Panitia Penyelenggara Kongres ARUPS (Asean Regional Union Of Psychological Societies) di Bali.

''Saya menjadi anggota IACCP sudah lama, sekitar 15 tahun. Jadi berpengalaman dari itu sekarang saya diangkat sebagai pengurus. IACCP adalah sebuah asosiasi yang tujuannya untuk pengembangan riset dan teknologi psikologi lintas budaya. Ketua IACCP Pusat saat ini dari Jerman dengan anggotanya yang terpilih dari setiap kawasan atau regional-regional penjuru dunia,’’ jelas orang Kota Bojonegoro itu.

Lebih lanjut, Wakil Ketua II HIMPSI itu menjelaskan, bahwa Budaya atau Culture merupakan penyelesaian dan solusi dari persoalan-persoalan yang muncul di masa sekarang. Jadi, kearifan lokal dari berbagai daerah itu sangat penting untuk kembali menyelesaikan masalah-masalah di zaman sekarang.

''Kalau dilihat, dunia ini semakin modern otomatis banyak persoalan yang muncul. Maka solusinya adalah kembali ke Culture itu sendiri. Contohnya sifat sopan, sungkan, malu dan lainnya harus dikuatkan lagi dalam konteks negara, karena Negara kita umumnya bersikap materialistic yang orangnya lebih menghargai uang daripada budaya itu sendiri. Malah budaya seperti ini sudah mulai digunakan oleh Negara diluar, sehingga saya lebih tertarik untuk mengembangkan Psikologi Budaya,’’ pungkasnya. (MKM)

 

RIWAYAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI

Tahun Lulus

Jenjang

Perguruan Tinggi

Jurusan / Bidang Studi

1992

S1

Fak. Psikologi UGM Yogyakarta

Psikologi

1997

S2

Pasca Sarjana UGM Yogyakarta

Psikologi Sosial

2008

S3

Pasca Sarjana UGM Yogyakarta

Psikologi Sosial

2009

-           

Postdoctoral Fellowship in UKM Malaysia

Psikologi Sosial

 PENGALAMAN JABATAN

Institusi atau Organisasi

Jabatan

Tahun

Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya

Dosen Tetap

1992 – sekarang

Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya

Pembantu Dekan III

1998 – 2001

Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya

Dekan

2001 – 2009

UNTAG Surabaya

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan IT

2009 – 2013

HIMPSI Wilayah Jawa Timur

Ketua Kompartemen Hubungan Antar Cabang, Ikatan dan Asosiasi

2005 – 2008

HIMPSI Wilayah Jawa Timur

Wakil Ketua

2008 – 2011

HIMPSI Wilayah Jawa Timur

Penasehat

2011 – 2014

HIMPSI PUSAT

Ketua Kompartemen Organisasi

2010 – 2014

HIMPSI PUSAT

Ketua II Pengurus HIMPSI Pusat

2013 – sekarang

IACCP (International Association of Cross Cultural Psychology)

Anggota

2011 – 2012

IACCP (International Association of Cross Cultural Psychology)

Pengurus Regional Asia Tenggara

2018 – 2020

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)