Hasil Karya

Mukti Ari Wibowo Mahasiswa Teknik Elektro UNTAG Surabaya Ciptakan Robot Pembersih Lantai

Kusnan | Kamis, 16 Februari 2017 - 12:31:41 WIB | dibaca: 519 pembaca

Mukti Ari Wibowo mahasiswa Teknik Elektro UNTAG Surabaya ciptakan robot pembersih lantai. Robot yang diberi nama Mr. Floor Cleanser (Mr. FC) diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk meringankan perkerjaan rumah tangga.

Kepada warta17agustus.com Mukti mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem robotik, Mr. FC bisa menjadi alternatif solusi untuk meringankan perkerjaan rumah tangga, terutama membersihkan lantai rumah, seperti menyapu, mengepel sekaligus mengeringkan dalam waktu yang bersamaan.

Robot ini bertenaga baterai 12 Volt dengan mikrokontroler Arduino Mega dan sensor ultrasonik yang dirancang untuk dapat bergerak dengan sistem otomatis dengan 2 mode pilihan, yaitu zig-zag dan acak,” ungkap mahasiswa kelahiran Tuban, 1 April 1990 itu.

Robot ini, katanya, dirancang untuk dapat berjalan menyusuri lantai, bahkan di kolong-kolong meja dan kursi yang sukar dijangkau oleh tangan. Menurut Mukti, Mr. FC memiliki mode pilihan lama waktu  yang diinginkan, sehingga mudah untuk dapat dikendalikan dan penggunaanya.

Bagi para ibu rumah tangga yang kesulitan mencari tenaga pembantu rumah tangga yang terampil dan dapat dipercaya maka Mr. FC jadi alternatif solusi untuk menjaga rumah agar tetap bersih,” jelas mahasiswa angkatan 2012 tersebut.

Lebih lanjut mahasiswa alumni SMA Negeri 1 Tuban ini menyebutkan bahwa cara Pengoperasian Mr. FC adalah sangat mudah. Pertama, atur lama waktu operasional dengan menekan tombol (+/-), setelah itu tekan tombol enter, pilih mode pergerakan dengan menekan tombol (Zig-zag) / (Acak), kemudian tekan tombol enter.

Terakhir pilih piranti optional jika ingin melakukan pembersihan sekaligus pengepelan, tekan tombol (Pel). Jika hanya ingin melakukan pembersihan dengan vaccum cleaner saja tinggal tekan tombol (enter) dan robot akan bergerak sesuai dengan settingan,” tutup Mukti. Dalam pembuatan robot pembersih lantai tersebut Mukti dibimbing oleh Dosen Teknik Elektro, Aris Heri Andriawan, ST.,MT.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)