Karya Ilmiah

Niat dan Keputusan Mahasiswa untuk Memilih Pendidikan Vokasi Dapat Dijadikan Acuan Penerapan Strategi Pemasaran

Redaksi | Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:33:27 WIB | dibaca: 50 pembaca

Disertasi berjudul ‘’Pengaruh Presepsi Keinginan, Presepsi Keandalan, Presepsi Kegunaan, Presepsi Aksesibilitas, Terhadap Keputusan Memilih Melalui Niat Politeknik di Jawa Timur’’ mengantarkan Ir. Kunto Eko Susislo MS., meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi 1 UNTAG Surabaya. Ujian terbuka yang berlangsung bulan Agustus (31/08) dilaksanakan di Meeting Room, Gedung Graha Wiyata lantai 1 UNTAG Surabaya.

Dalam disertasinya, mahasiswa Program Doctor Ilmu Ekonomi UNTAG Surabaya itu, melihat adanya fenomena pemerintah yang saat ini melakukan percepatan pendirian Perguruan Tinggi Polkiteknik di Indonesia. Polkiteknik tersebut akan menghasilkan tenaga kerja terampil guna mengahadapi pasar Global (Masyarakat Ekonomi Asean).

Selain itu Kunto juga memaparkan, bahwa pada sisi lain sosialisasi tentang perguruan tinggi yang ada di Indonesia sangat kurang, terutama Politeknik. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada presepsi masyarakat pada saat memilih perguruan tinggi terutama Politeknik sebagai tempat menempuh pendidikan.

Kunto Eko Susislo dalam disertasinya juga menjelaskan manfaat penelitiannya. Antaranya memberikan manfaat praktis bagi penyelanggara pendidikan tinggi vokasi (Politeknik). Dengan hasil pembuktian secara ilmiah bahwa factor yang berpengaruh terhadap niat dan keputusan mahasiswa untuk memilih pendidikan vokasi (Politeknik) dapat dijadikan acuan penerapan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kriteria mahasiswa masing-masing.

Hasil dari disertasinya membuktikan bahwa presepsi keinginan, kelayakan, kemanfaatan, akesbilitas, dan niat sangat berpengaruh terhadap niat memilih, karena itu kebanyakan mahasiswa berpikir masuk perguruan tinggi hanya untuk mencari kualitas. Selain itu penelitian ini juga dapat mengembangkan teori Ajzen dan Planned Behavior (TPB) tentang jasa pendidikan Politeknik, dengan menambahkan proposisi persepsi kemanfaatan. (glg)

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)