Sorotan

Nilai-Nilai Kebangsaan Harus Dijaga dan Diwariskan Pada Generasi Selanjutnya

Kusnan | Jumat, 30 Desember 2016 - 11:05:38 WIB | dibaca: 220 pembaca

UNTAG Surabaya sebagai kampus nasionalis mempunyai visi-misi untuk mengangkat nilai dan karakter bangsa. Wakil Rektor II UNTAG Surabaya, Dr. Ir. RA. Retno Hastijanti, MT menjelaskan, keberagaman yang dimiliki Indonesia harus terus dijaga dan diturunkan pada generasi selanjutnya agar perbedaan yang ada bisa menjadi alat pemersatu bangsa. 

Nilai dasar wawasan kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa memiliki 6 dimensi manusia yang bersifat mendasar dan fundamental, yaitu Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa; Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan bersatu; Cinta akan tanah air dan bangsa; Demokrasi atau kedaulatan rakyat; Kesetiakawanan sosial; dan Masyarakat adil makmur

“Kalau kita menghargai kebangsaan harus mengangkat semangat Bhineka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila. Di UNTAG Surabaya salah satunya tertuang pada berbagai kegiatan kampus yang implementatif,” kata Dr. Hasti kepada warta17agustus.com, Kamis (29/12/2016)

Dosen Teknik Arsitektur ini mengungkapkan Dies Natalis UNTAG Surabaya yang diperingati setiap tahunnya merupakan cerminan dari visi misi, yang mewadahi semua aktivitas kampus baik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dengan memberikan kesempatan untuk beribadah sesuai agama dan kenyakinannya masing-masing.

“Kampus mewadahi semua keberagaman yang ada. Asalkan sesuai dengan kerangka etika, pendidikan dan kebudayaan perguruan tinggi,” ujar Dr. Hasti.

Lebih lanjut dia menjelaskan, nilai-nilai kebangsaan juga harus dipertahankan dan diturunkan kepada anak didik, bagi mahasiswa di perguruan tinggi maupun siswa. Selain itu, pilar kebangsaan yang perlu diwariskan juga adalah Pancasila, UUD’ 1945, NKRI, dan Kebhinekaan.

“Selama ini tidak ada konflik tentang  suku, agama, ras, antar golongan, karena pihak kampus sendiri memiliki hubungan baik dengan mereka,” tambahnya.

Dr. Hasti berharap di tahun 2017 nanti, UNTAG Surabaya bisa menjadi lebih baik dan maju dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Bisa mencapai akreditasi A baik institusi maupun Prodi. Saat ini sudah ada 4 Prodi yang terakreditasi A, tahun depan kalau bisa ada 8-10 Prodi. Dan UNTAG Surabaya akan membuka Prodi baru, yaitu Magister Ilmu Komunikasi, semoga tidak ada halangan,” tutup Dr. Hasti.








Komentar Via Website : 5
Pengapuran Tulang
03 Januari 2017 - 13:14:46 WIB
http://rumahherbalgreenworld.web.id/nama-obat-sakit-pingga ng-di-apotik/
hai gan / sist ya sorry I visit your article, because I am really interested sihh, it lohh article. oh he me it was fine the passengers, passengers kept a link wrote not nyepam kok.he Thank you :)

By :

http://obatpengapurantulang.web.id/
https://goo .gl/hLmTR9
http://ow.ly/WOD7307Db5v
http://bit.ly/2 ffvBul
bahaya batu ginjal
05 Januari 2017 - 07:22:40 WIB
Selamat pagi :)
Semangat terus ! Tawakal alalloh.. :)
http://www.solusibatuginjal.com/2016/02/19/batu-ginj al-penyebab-ciri-ciri-dan-bahaya/
fungsi organ ginjal
05 Januari 2017 - 07:31:56 WIB
Terimakasih atas infonya..
Tetap semangat, pantang menyerah ! Tawakal alalloh.. :)
http://www.solusibatuginjal.com/2016/11/28/organ-gin jal-definisi-pengertian-dan-fungsinya/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)