Sorotan

Noorshanti, Pahlawan Lingkungan Surabaya Berharap Tidak Ada Perempuan Yang Abai Akan Kewajibannya

Redaksi | Senin, 22 April 2019 - 09:59:03 WIB | dibaca: 142 pembaca

 

Lahir di Jepara 21 April 1879, Raden Ajeng Kartini yang lebih sering disebut Raden Ayu Kartini merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Setiap tahunnya pada tanggal 21 April sejumlah siswa, mahasiswa hingga pegawai, mengenakan pakaian batik dalam rangka memperingati hari kelahiran Pahlawan Perempuan Indonesia tersebut. Bahkan Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Tidak sekedar mengenakan batik saja, tapi setiap tanggal 21 April adalah momentum bagi kaum perempuan untuk berani bangkit mencapai kedudukan setara dengan kaum maskulin atau laki – laki. Perjuangan itulah yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini pada masa itu sehingga ia dikenal menjadi tokoh perempuan saat ini.

Banyak buku - buku biografi yang menceritakan tentang kehidupan dan silsilah keluarga Kartini yang memiliki dua ibu, kenakalan tiga serangkai seperti Kartini, Rukmini dan Kardinah, kehidupan ketika dipingit, perjuangan emansipasi wanita dengan kaum pria, hingga Kartini menikah dan wafat, telah menjadi inspirasi pembaca dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Pada peringatan hari Kartini 2019 yang jatuh pada hari Minggu, Dra. Noorshanti Sumarah, S.Ikom., M.Ikom (Dosen Untag Surabaya) salah satu Perempuan yang pernah mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Lingkungan Surabaya, mengutarakan harapannya terhadap perempuan – perempuan  Indonesia. Menurutnya menjadi seorang perempuan tidak boleh melupakan kewajiban – kewajibannya.

‘’Semakin banyak perempuan yang berprestasi dan berkarir, namun saya berharap mereka tidak melupakan kewajibannya sebagai perempuan, terutama dalam mendidik anaknya yang dimana hal itu akan memberi banyak tantangan. Tidak hanya itu, mengajarkan etika adalah salah satu hal yang terpenting dilakukan oleh perempuan,’’ ucap dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untag Surabaya tersebut kepada warta17agustus.com (21/04/2019)

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda

 


 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)