Hasil Karya

Oky Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Membuat Alat Penata Telur Secara Otomatis

Menik | Jumat, 02 November 2018 - 10:17:06 WIB | dibaca: 1566 pembaca

Oky Putra Nugraha mahasiswa Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTAG Surabaya membuat alat penata telur secara otomatis. Alat tersebut dibuat untuk memberikan solusi penataan telur secara otomatis dan  mengurangi jumlah pekerja sehingga lebih hemat dari segi keuangan.

Industri peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satunya peternakan ayam petelur. Pada saat panen proses pengambilan telur  masih menggunakan cara manual yaitu pengambilan dengan tangan manusia sehingga berakibat tidak efesiennya waktu dengan mengambil satu per satu telur yang berjumlah ratusan bahkan ribuan. Melihat permasalahan tersebut yang melatar belakangi penelitian yang berjudul “ Rancang alat penata telur secara otomatis, jelas Oky mahasiswa Prodi Teknik Elektro tersebut.

Dari percobaan prototype alat penata barang secara otomatis berbasis PLC, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) peternak mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam melakukan pengumpulan dan penataan telur karena semua sistem sudah berjalan secara otomatis menggunakan alat penata telur secara otomatis berbasis PLC tersebut (2) Photosensor berfungsi dengan baik sebagai alat untuk mendeteksi telur dan mentransfer hasil deteksi kepada PLC (3) PLC, Conveyor, relay, pocket, berjalan dengan otomatis dan sesuai dengan fungsi masing masing(4) Dari percobaan di dapat telur yang akan dipisah masuk ke tempat roll telur dan roll turun kepada conveyer 2 yang telah tersedia pocket telur kosong, sehingga telur yang turun dapat tertata dengan baik sampai pocket terisi penuh lalu pocket kosong akan berjalan lagi ke bawah roll telur, langkah ini akan berjalan secara terus menerus (5)Dari beberapa kali percobaan telur yang dimasukkan, telur dapat masuk sesuai pocket telur yang kosong dan telur tidak pecah . Ini menandakan sensor deteksi benda bekerja sesuai dengan yang di rencanakan.

Dalam penelitiannya mahasiswa asal Lamongan tersebut juga memberikan saran (1) Konveyor bisa di didesain lebih panjang dan lebar agar loading barang lebih bagus (2) Alat penata telur ini bisa dikembangkan lebih baik lagi dengan sistem yang berbeda (3) Untuk kebutuhan konveyor lebih panjang, bisa mengunakan motor dc dengan torque yang lebih besar.

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)