berita

Olahraga Memiliki Peran Penting Dalam Pembangunan Bangsa

Latifah | Selasa, 22 Mei 2018 - 10:02:03 WIB | dibaca: 110 pembaca

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNTAG Surabaya selenggarakan Seminar Nasional Keolahragaan dengan mengangkat tema ‘’Prestasi Olahraga sebagai Pioneer Anak Bangsa Menuju Pentas Dunia’’. Acara tersebut berlangsung di Gedung Graha Wiyata lantai 9, Senin (14/5). 

Rektor UNTAG Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA, CPAI dalam sambutannya  sangat mengapresiasi dan mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi.

‘’Teruslah berupaya meningkatkan prestasi baik prestasi akadamik maupun non akademik. Kami sangat mendukung dan mengapresiasi setiap prestasi mahasiswa yang dicapai oleh Mahasiswa. Karena salah satu jembatan mencapai target 50 besar perguruan tinggi nasional, yaitu dengan menonjolkan berbagai prestasi mahasiswanya,’’ katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jawa Timur Drs. Supratomo, M.Kes, yang berkesempatan hadir dalam seminar tersebut menjelaskan tentang strategi pembinaan keolahragaan di Jawa Timur.

‘’Pembinaan dimulai dari tahap pengenalan olahraga, pemantauan, pemanduan, pengembangan bakat melalui pusat pelatihan dan tunjangan sekolah, hingga peningkatan prestasi melalui pelatihan dengan pelatih yang kompeten,’’ jelasnya.

Lebih lanjut dia, mengungkapkan prinsip lain yang bisa untuk menunjang 5 strategi pembinaan keolahragaan, yaitu sport science artinya manajemen data. Hal ini berlaku juga bagi penyandang disabilitas dengan fasilitas latihannya menyesuaikan dan memiliki perlakuan yang sama.

‘’Tiada prestasi olahraga tanpa sentuhan sport science. Sangat disayangkan, terkadang penerapan sport science terkendala kultur Indonesia, misalnya makan nasi. Intinya strategi pembinaan keolahragaan yang diperlukan adalah tata kelola olahraga yang sistematis dan terpadu, berjenjang, berkelanjutan, dan berbasis sport science,’’ ungkap Supraptomo.

Pada waktu yang sama Prof. I Made Sriundy Mahardika, M.Pd, mengingatkan tentang peran penting olahraga untuk bangsa Indonesia.

‘’Olahraga merupakan jati diri bangsa dan memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Peran olahraga di antaranya adalah sebagai akselator pembangunan, media produktif kesehatan, dan pencegah kenakalan remaja dan narkoba,’’ ujarnya.

Adapun narasumber Seminar Nasional tersebut Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA, CPAI (Rektor UNTAG Surabaya) Drs. Supratomo, M.Kes (Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jatim), Dr. Irmantara Subagio, M.Kes (Komite Olahraga Nasional Indonesia Jatim), dan Prof. I Made Sriundy Mahardika, M.Pd (Dosen Pendidikan Pelatihan Olahraga, UNESA). Sedangkan modetor seminar adalah Samsol Arif (Presiden BEM UNTAG Surabaya).








Komentar Via Website : 1
bahaya telinga berair dan cara mengatasinya
10 Oktober 2018 - 10:43:16 WIB
terimakasih infonya sangat bermanfaat
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)