berita

Peluncuran Forum Diskusi Philosophia Diharapkan Mampu Meningkatkan Etika & Moralitas Mahasiswa

Redaksi | Kamis, 11 Juli 2019 - 11:52:28 WIB | dibaca: 4759 pembaca

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untag Surabaya gelar peluncuran forum diskusi Philosophia dengan tagline ‘’It’s Time to Rennaisance’’ di Plaza Proklamator, Kamis, (04/07/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kementrian Sosial Politik dan Hukum, BEM Untag Surabaya, yang memiliki 3 prinsip, diantaranya : menyebarkan pengaruh literasi, sikap bijaksana dan meningkatkan etika moralitas.

Agung Wiriya Saputra, ketua pelaksana mengatakan, bahwa program ini merupakan salah satu bentuk respon terhadap masalah dan kondisi Bangsa Indonesia saat ini. Menurutnya kemerosotan etika moralitas dalam menjalankan perintah atau jabatan yang menjadi dasar munculnya kejahatan birokrasi.

‘’Di sini kami meluncurkan program Philosophia sebagai bentuk rasa kekhawatiran dan kepedulian terhadap masalah dan kondisi bangsa. Karena kami melihat bahwa saat ini telah banyak terjadi kejahatan di tingkat birokrasi yang kami sebut sebagai kejahatan kerah putih,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan, Forum diskusi Philosophia dibentuk dengan semangat untuk terus mengkampanyekan perubahan-perubahan. Dalam hal ini juga berkaitan dengan tema It’s Time to Rennaisance yang merujuk pada ilmu pengetahuan secara ilmiah. Agung menjelaskan bahwa ada 3 prinsip utama yang menjadi dasar dalam membentuk forum diskusi tersebut.

‘’Kami bentuk forum Philosopia dengan 3 prinsip, yaitu intelektualitas, ingin menyebarkan pengaruh literasi untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan. Kami juga berpedoman pada wisdom atau sikap yang bijaksana sebagai seorang manusia, dan terakhir, mengusung konsep etika moralitas yang baik. Itulah prinsip dasar kami,’’ tambah Agung pada warta17agustus.com.

Berkaitan dengan kegiatan itu, Agung menyampaikan banyak harapannya kepada mahasiswa Untag Surabaya. Dia berharap melalui kegiatan peluncuran forum diskusi Philosopia oleh BEM Untag Surabaya tersebut, dapat meningkatkan etika, moral, dan mengatasi kondisi Indonesia saat ini.

‘’Dengan semangat itu, kami berharap supaya mahasiswa Untag dapat lebih termotivasi untuk melakukan perubahan-perubahan, terlebih dapat meningkatkan etika moral. Awalnya kami akan melakukan melalui tingkatan universitas lebih dulu, nanti jika memang kegiatan ini mempunyai prospek dan kami melihat review yang baik, maka akan di sebarluaskan semangat ini keluar,’’ Tutup agung

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda