Teknologi

Pemerintah Akan Resmikan Fasilitas Siaran Digital Untuk Masyarakat Perbatasan

Yogi | Rabu, 28 Agustus 2019 - 10:26:30 WIB | dibaca: 4748 pembaca

Sesuai siaran pers No. 158/HM/KOMINFO/08/2019 pada 23 Agustus 2019, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung rencana pemerintah menyediakan fasilitas siaran digital bagi masyarakat perbatasan. Siaran tersebut akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Nunukan, Kalimantan Utara pada 31 Agustus 2019 mendatang.

Untuk mewujudkan pemerataan sinyal telekomunikasi di seluruh Indonesia, Anang Latif, Direktur Utama BAKTI menyebut bahwa siaran digital bagi masyarakat di perbatasan tersebut ditargetkan dapat merata ke seluruh pelosok Indonesia pada tahun depan.

‘’Sebagai bagian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, BAKTI yang ditugaskan membangun prasarana telekomunikasi di area terdepan, terluar dan tertinggal (3T) maka siaran digital merupakan hal yang kami dukung penuh,’’ ujar Anang Latif dalam diskusi bersama pekerja media, di Jakarta, Kamis (22/08/2019). 

Selain itu Anang juga menambahkan, penyediaan siaran digital merupakan wujud nyata Nawacita pada masa kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla demi membangun Indonesia yang lebih maju serta memperkuat daerah-daerah, terlebih masyarakat yang berada di perbatasan. Menurut Anang, Nunukan dipilih karena ada beberapa alasan yang sangat mendasar.

‘’Kita pilih Nunukan karena di sana ada penyiarannya, ada telekomunikasinya, ada internetnya. Kalau kita tidak hadir di sana mereka biasanya akan menonton TV negara tetangga. Kalau dibiarkan ada ketertinggalan informasi. Jangan meninggalkan saudara-saudara kita yang ada di perbatasan,’’ imbuh Anang Latif.

Sedangkan mengenai konten berkualitas bagi publik, Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menegaskan bahwa, hal ini dilakukkan atas dasar memperkuat pertahanan nasional. Berbagai dukungan datang untuk upaya pemerintah dalam pemerataan informasi hingga ke wilayah perbatasan tersebut, supaya tidak ada lagi yang tertinggal informasi.

‘’Saya membuka catatan lama, KPI Pusat sejak pengurus sebelumnya konsisten mendukung konten lembaga siar yang ditujukan bagi wilayah perbatasan. Untuk itu kami mendorong dan mendukung diwujudkannya siaran digital bagi masyarakat di perbatasan,’’ ucapnya.

BAKTI merupakan unit organisasi non-eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum, berada dibawah dan bertanggungjawab kepada menteri. BAKTI memiliki tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

Sumber : https://www.kominfo.go.id/content/detail/20857/siaran-pers-no-158hmkominfo082019-tentang-dukungan-bakti-kominfo-untuk-siaran-digital-daerah-perbatasan/0/siaran_pers