Teknologi

Pendidikan Robotik Perlu Diajarkan Sejak Usia Dini

Yogi | Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:04:02 WIB | dibaca: 38 pembaca

Kemajuan teknologi saat ini membuat beberapa peran manusia telah digantikn oleh peran robot. Semakin meningkat pula robot yang mampu melakukan hal yang bisa dilakukan oleh manusia. Menurut riset dari Pew Research Center, banyak masyarakat di dunia beranggapan bahwa robot akan menggantikan pekerjaan manusia di masa depan.

Mengetahui hal tersebut Rudiantara, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan bahwa fenomena tersebut harus dinilai sebagai perubahan ke arah yang lebih positif dan tidak dikaitkan dengan hilangnya lapangan pekerjaan yang tergantikan oleh robot.

‘’Tidak usah takut manusia tergantikan oleh robot, karena justru kita butuh proses yang baru, keterampilan yang baru. Kalau tidak dengan robot kita akan susah, ya begitu - begitu saja,’’ ujar Rudiantara, Minggu (13/10/2019).

Rudiantara juga menambahkan bahwa di luar sana beberapa Negara telah memaksimalkan peran robot karena dinilai lebih efisien. Seperti contoh, Tiongkok saat sedang menguji coba hotel masa depan dengan peran robot, atau meminimalkan peran manusia.

‘’Kalau misalnya kita reservasi hotelnya di aplikasi itu sudah biasa. Jadi ini kalau ini nanti datang sendiri, check in sendiri, pakai retina mata untuk ID, kemudian room service nantinya robot yang menyediakan, saat breakfast robot yang mengantarkan, kecuali pas check out baru ada manusia,’’ imbuh Rudiantara.

Terakhir Rudiantara mengungkapkan bahwa pendidikan robotik di Indonesia harus mulai diajarkan sejak dini. Terlebih saat ini Kementerian pendidikan sedang mempersiapkan bahwa pelajaran coding dapat dimasukkan di dalam pelajaran mulai tahun depan. Tidak hanya itu, Rudiantara juga berharap agar anak muda di Indonesia dapat menciptakan robot asli karya anak bangsa Indonesia.

‘’Pendidikan tentang robot sangat penting sejak dini. Seperti yang saya katakan bahwa ada 8 dari teknologi di dalam robotik, misalnya ada Internet of Things (IoT), Artificial Intelligent (AI), Big Data, dan Machine Learning,’’ tutup Rudiantara.

Ke depan Rudiantara berharap suatu saat akan ada robot buatan Indonesia, seperti robot AI Sophia yang dibuat oleh Hanson Robotic layaknya manusia Robot Sophia tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia.

Sumber : https://techno.okezone.com/read/2019/10/13/56/2116411/robot-gantikan-pekerjaan-manusia-di-masa-depan-ini-kata-menkominfo