Tokoh

Penerapan Konsep 4S menjadi Kunci Keberhasilan Rektor Untag Surabaya

Redaksi | Selasa, 19 Maret 2019 - 10:04:33 WIB | dibaca: 4757 pembaca

Dibalik kesuksesan yang telah diraih sepanjang karirnya, Dr. Mulyanto Nugroho, Rektor Untag Surabaya memiliki strategi khusus yang diterapkan untuk mewujudkan keberhasilan. 4S yang memiliki arti Soro atau bekerja keras, Sabar, Semangat dan Sae atau Baik. Konsep tersebut sudah dia terapkan jauh sebelum mendapat amanah sebagai Rektor Untag Surabaya yang baru berjalan 1,5 tahun.

Nugroho menjelaskan maksud Soro, yaitu berasal dari bahasa jawa yang artinya sengsara atau bisa disebut juga bekerja keras dan mati – matian, terlebih dahulu di awal karirnya. Tekun dan giat bekerja untuk dapat memakmurkan sebuah instansi yang dipimpin.

‘’Arti Soro dalam 4S pertama yang saya maksud adalah bekerja keras dan tekun mengerjakan banyak hal, demi mewujudkan harapan yang kita inginkan. Seperti memakmurkan tenaga kependidikan dan karyawan Untag, Memajukan Untag dengan cara meningkatkan kwalitas belajar dan mengajar. Dengan bekerja keras, yakinlah kita akan dapat mencapai sebuah tujuan,’’ ucap mantan Direktur Politag tersebut.

Sedangkan S yang kedua yaitu sabar. Nugroho menjelaskan ketika memimpin disebuah perusahaan sangatlah berbeda dengan memimpin disebuah Perguruan Tinggi. Menurutnya memimpin orang – orang dengan latar belakang pendidikan tinggi di lembaga pendidikan, itu tidak lebih mudah dibanding memimpin disebuah perusahaan. Maka dari itu dengan kesabaran mampu mengatasinya.

‘’Ketika saya memimpin korporasi, gaya kepemimpinan saya menggunakan kepemimpinan sitem komando. Dan saat saya memimpin di perguruan tinggi, saya menggunakan kepemimpinan dengan sistem yang lebih melayani. Pastinya gaya kepemimpinan harus disesuaikan dengan lembaga yang dipimpin,’’ ungkap Nugroho kepada warta17agustus.com saat ditemui di kantornya (14/03).

Berikutnya S yang dimaksud adalah semangat. Nugroho mengatakan harus tetap semangat, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang orang yang sedang dia pimpin. Bahkan dia juga mengatakan walaupun dirinya sedang sakit, semangat itu harus tetap ada.

Nugroho juga sering memotivasi orang lain untuk tetap semangat dalam kondisi apa pun supaya apa yang dikerjakan mendapat hasil yang maksimal.

‘’Bagi saya semangat itu penting. Saya sering memberi semangat dan motivasi baik untuk diri sendiri dan juga orang lain. Walaupun sakit, saya harus tetap semangat. Dengan semangat kita akan mendapatkan hasil maksimal dari apa yang telah kita kerjakan. Maka pesan saya jangan pernah patah semangat dalam keadaan apa pun,’’ papar pria yang mengaku pernah bekerja di Jawa Pos tersebut.

Terakhir adalah sae. Dalam bahasa Jawa sae memiliki arti baik. Jika 3 hal di atas sudah diterapkan, maka Nugroho yakin bahwa hasil yang memuaskan akan dapat diraih. Berbekal berani sengsara di awal dan bekerja keras, sabar dan selalu semangat dalam melakukan segala hal, maka sesuai apa yang dikerjakan akan mendapat hasil yang maksimal.

‘’Kita sering mendengar bahwa usaha tidak akan menghianati hasil, dan itu sangat benar. Jika kita sungguh – sungguh mengerjakan sesuatu, berani sengsara, bekerja keras, sabar akan menghadapi kesulitan – kesulitan yang terjadi dan selalu semangat dalam keadaan apapun, maka saya yakin hasil yang baik dan maksimal akan mudah kita dapatkan,’’ ujar Nogroho.

Nugroho telah menerapkan konsep 4S tersebut dari awal karir hingga saat ini. Dapat dibuktikan dengan karir yang melonjak termasuk menempati kedudukan tertinggi di Untag Surabaya sebagai Rektor. Selama 1,5 tahun menjabat sebagai Rektor, telah banyak pencapaian dan prestasi yang telah diraih, salah satunya status Akreditasi A Untag Surabaya. Tidak hanya itu, 4 program studi International juga telah dibuka pada masa kepemimpinannya.

‘’Dari awal ketika baru memimpin Untag Surabaya, 4S saya terapkan. Saya yakin akan dapat membuahkan hasil, dan alhamdulillah ada perkembangan yang sangat signifikan. Terbukti dengan terwujudnya predikat akreditasi A Untag Surabaya pada tanggal 28 Desember 2018 lalu. Saya sangat bersyukur karena hal tersebut sangat diinginkan oleh 326 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Saat ini baru 7 Universitas yang terakreditasi A termasuk Untag Surabaya,’’ Tutup laki-laki kelahiran Magetan, 20 Maret tersebut.

Curriculum Vitae

Nama Lengkap

Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., C.M.A., C.P.A.

Tempat Tanggal Lahir

Magetan, 20 Maret 1964

Riwayat Pendidikan

1.     S1 Universitas Mulawarman, 1987

2.     S2 Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 1994

3.     S3 Doktor Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2015

4.     - Keahlian Sertifikat Manajemen Akuntan (CMA), 2014

- Keahlian Sertifikat Publik Akuntan (CPAI), 2015

- Keahlian Sertifikat Publik Akuntan (CPA), 2018

Pengalaman Organisasi

1.     Anggota Ikatan Akuntan Publik Indonesia

2.     Asosiasi Dosen dan AHli Republik Indonesia

3.     Konsultan Akuntansi Manajemen di beberapa perusahaan

4.     Direktur PPMS (1997-2000)

5.     Direktur CV. Global Surabaya (2000-2015)

6.     Direktur CV. Nuhamu (2007-2015)

7.     Direktur Politeknik Surabaya (2012-2015)

8.     Direktur Politeknik Untag Surabaya (2015-2017)

9.     Rektor Untag Surabaya (2018-2021)

 


      Reporter : YRS

      Editor      : LA_unda