Karya Ilmiah

Pengaruh Kepuasan Pelayanan Kinerja Pegawai Blud Non Medis Di Rumah Sakit Umum Jatim

Latifah | Senin, 28 Agustus 2017 - 11:46:27 WIB | dibaca: 196 pembaca

Disertasi " Pengaruh Budaya Organisasi, Self Efficacy, Organizational Citizenship Behavior Dan Quality Of Work Life Terhadap Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Blud Non Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Jawa Timur " berhasil mengantarkan Rahayu SH., M.Si., raih gelar Doktor (S3) Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya (7/8/2017).

Rahayu dalam disertasinya mengatakan, pelayanan public pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan public yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarkat dalam bidang pendidikan, kesehatan, utlilitas dan lainnya.

Lanjutnya, pelayanan public yang diselenggarakan oleh pemerintah salah satunya adalah pelayanan dalam bidang kesehatan. Untuk mewujudkan tujuan pelayanan pemerintah maka pemerintah membangun sarana prasarana pendukung antara lain rumah sakit. lembaga pelayanan ini harus memuaskan bagi masyarakat sehingga diperlukannya peningkatan kualitas pelayanan secara terus menerus dan berkesinambungan.                         

Dari penelitiannya dia menjelaskan, jika di uraikan dari penelitian ini menghasil 15 kesimpulan, tetap jika di simpulkan intinya adalah bahwa budaya organisasi, self officacy, organizational citizenship behavior (OCB) dan quality of work life berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai non-medis Rumah Sakit Umum Haji.  Hal tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai non-medis Rumah Sakit Umum Haji. Self officacy, organizational citizenship behavior (OCB), komitmen organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja individu pegawai non-medis Rumah Sakit Umum Haji. Budaya organisasi dan quality of work life tidak berpengaruh signifikan dalam kinerja individu pegawai non-medis Rumah Sakit Umum Haji. Komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kinerja pegawai non medis rumah Sakit Umum Haji.

Dalam disertasinya, Rahayu juga mengharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran informasi lebih lanjut kepada pengelola rumah sakit untuk dapat dipakai sebagai bahan informasi dalam mengolah sumber daya manusia agar kinerja pegawai non medis dapat lebih ditingkatkan dan penelitian ini dapat membantu peneliti untuk memahami faktor-faktor yang terkait dengan komitmen organisasional kepuasan kerja dan kinerja pegawai non medis khususnya pada Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Jawa Timur.

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)