Karya Ilmiah

Pengaruh Orientasi Budaya dan dukungan Sosial Terhadap Kinerja Pengelola Sampah

Redaksi | Senin, 12 Agustus 2019 - 10:21:37 WIB | dibaca: 4751 pembaca

Disertasi dengan judul ''Pengaruh Orientasi Budaya dan Dukungan Sosial Terhadap Nilai Kerja, Perilaku Kerja dan Kinarja Pengelola Sampah Keluarga di Kabupaten Tegal'' berhasil mengantarkan Mahben Jalil menyelesaikan pendidikan Ilmu Doktor Ekonomi Program Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya. Mahben Jalil dinyatakan lulus setelah melalui tahap ujian terbuka di meeting rooom Graha Wiyata lantai 1, Selasa, (07/08/2019).

Mahben mengatakan bertambahnya penduduk di suatu daerah akan berpengaruh juga terhadap semakin besarnya jumlah sampah keluarga. Sampah dalam beberapa tahun terakhir ini, baik di kota-kota besar maupun kota kecil di Indonesia menghadapi masalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah keluarga, yang menimbulkan banyak gangguan terhadap lingkungan.

‘’Sampah keluarga merupakan isu penting terutama di daerah perkotaan yang selalu menjadi permasalahan dan dihadapi setiap saat. Akibat dari semakin bertambahnya jumlah penduduk, tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya, maka bertambah pula sampah keluarga yang dihasilkan,'' kata Dosen Universitas Pancasakti Tegal tersebut.

Mahben juga mengutip dari Murtadho (1987), bahwa sampah keluarga atau limbah padat dalam jumlah yang sedikit mudah diatasi dengan baik, tetapi jika jumlah yang besar, hal itu akan menimbulkan beberapa masalah. Menurutnya ada beberapa jenis sampah keluarga yang dihasilkan baik organik maupun anorganik.

‘’Sampah keluarga yang dihasilkan dari sisa pemakaian produk sangatlah beragam, mulai dari sampah keluarga organik yang mudah busuk, sampah keluarga organik yang tak mudah busuk, sampah keluarga anorganik, serta sampah keluarga bangkai. Permasalahan sampah keluarga di berbagai perkotaan tidak saja mengancam aspek keindahan dan kebersihan kota rersebut, namun lebih jauh akan memberikan dampak negatif bagi kelestarian lingkungan,'' papar pria kelahiran Flores Timur tersebut.

Dari hasil pengujian tersebut, Mahben menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini merupakan sumbangan yang signifikan khususnya dalam manajemen sumberdaya manusia dan kinerja pada petugas pengelola sampah keluarga di Kabupaten Tegal.

''Penelitian ini sangat penting karena terdapat tahapan pengaruh dari masing-masing faktor dan konstruk yang berjalan dengan cara berjenjang atau rekrusif, yaitu variabel orientasi budaya terhadap nilai kerja, dukungan sosial terjadap nilai kerja, orientasi budaya terhadap kinerja, dukungan sosial terhadap kinerja dan nilai kerja terhadap kinerja,'' tutup Mahben.

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda