Karya Ilmiah

Pengaruh Pengembangan Karir Dan Kinerja Individu Dosen Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

Menik | Jumat, 26 Mei 2017 - 11:18:52 WIB | dibaca: 218 pembaca

Enni Sustiyatik,SE.,MM lulus Program Doktor (S3) Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi UNTAG Surabaya dengan disertasi “ Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Self Leadership dan Self Efficacy Terhadap Kompetensi, Pengembangan Karir dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur” (23/5/2017).

Enni Sustiyatik, SE., MM  menjelaskan dosen – dosen yang mengajar di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) khususnya di Kopertis VII Jawa Timur sebagian besar belum mempunyai jabatan akademik. Berdasarkan data dari Forlap DIKTI jumlah dosen PTS di Kopertis  wilayah VII Jawa Timur dengan pendidikan S2 sebanyak 10.149 dan terdapat 7.701 belum mempunyai jabatan. Berbagai faktor mempengaruhi kinerja dosen dan berkaitan dengan diperolehnya suatu jabatan akademik. “Adapun tujuan dari penelitian mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, self leadership dan self efficacy terhadap kompetensi, pengembangan karir dan kinerja dosen PTS di lingkungan Kopertis wilayah VII  Jawa Timur,” tambah mahasiswa asal kota Kediri  tersebut.

Enni dosen di Universitas Kediri tersebut dalam penelitianya menyimpulkan  kecerdasan intelektual, variabel kecerdasan emosional, variabel self leadership dan variabel self efficacy berpengaruh signifikan terhadap kompetensi dosen PTS di lingkungan Kopertis wilayah VII Jawa Timur. Variabel kecerdasan intelektual, variabel kecerdasan emosional, variabel self efficacy dan variabel kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karir dosen PTS di lingkungan Kopertis wilayah VII Jawa Timur. Sedangkan untuk variabel kecerdasan intelektual, variabel kecerdasan emosional, variabel self leadership, variabel self efficacy, variabel pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen PTS di lingkungan Kopertis wilayah VII Jawa Timur. Variabel kompetensi dosen berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja dosen  PTS di lingkungan Kopertis wilayah VII Jawa Timur.

“ Diharapkan perguruan tinggi dalam melakukan rekrutmen untuk memperhatikan mereka yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, self leadership dan self efficacy, selain itu dosen disarankan untuk selalu mengembangkan diri dari berbagai aspek mengingat tugasnya adalah transfer of knowledge sehingga diperlukan kompetensi yang tinggi yang dapat mendukung pekerjaan secara mandiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,”saran Enni.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)