Teknologi

Penggunaan VPN, Menguntungkan Atau Merugikan ?

Redaksi | Selasa, 28 Mei 2019 - 08:53:15 WIB | dibaca: 109 pembaca

Beberapa hari yang lalu, pemerintah melakukan pembatasan terhadap media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara untuk mencegah viralnya informasi negatif yang kerap kali menyebar cepat dari media sosial dan WhatsApp.

Tidak heran jika banyak warga yang mengeluhkan terjadinya pembatasan media sosial tersebut. Dengan keadaan seperti itu tidak sedikit masyarakat yang memutar otaknya dengan menginstal aplikasi VPN (Virtual Private Network) untuk mengatasi hal tersebut. Solusi VPN ini digunakan oleh masyarakat karena mudah digunakan dan gratis. Bahkan beberapa dari mereka dapat menggunakan media sosial kembali setelah menginstalnya. Memang VPN kerap digunakan untuk membuka layanan streaming yang diblokir di luar negeri atau belum tersedia di negara tersebut.

Berikut keuntungan dari aplikasi VPN ini yang dilansir melalui laman Okezone.com (25/05/19) :

1. Remote Control

Dalam kasus perusahaan, keuntungan besar memiliki VPN adalah bahwa informasi dapat diakses dari jarak jauh bahkan dari rumah atau dari tempat lain.  Itu sebabnya VPN dapat meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

2. Membagikan File

Layanan VPN dapat digunakan jika Anda memiliki grup yang perlu berbagi data untuk waktu yang lama.

3. Anonimitas Daring

Melalui VPN, Anda dapat menjelajahi web dengan anonimitas lengkap.  Dibandingkan menyembunyikan perangkat lunak IP atau proksi website, keuntungan dari layanan VPN adalah memungkinkan Anda mengakses aplikasi web dan situs web secara anonimitas.

4. Membuka Blokir Situs

VPN sangat bagus untuk mengakses situs web yang diblokir atau untuk melewati filter Internet.  Inilah sebabnya mengapa ada peningkatan jumlah layanan VPN yang digunakan di Negara – Negara di mana sensor internet diterapkan.

5. Mengubah alamat IP

Jika Anda memerlukan alamat IP dari Negara lain, maka VPN dapat menyediakan ini untuk Anda.

6. Performa yang lebih baik

Bandwidth dan efisiensi jaringan umumnya dapat ditingkatkan setelah solusi VPN diterapkan.

7. Mengurangi biaya

Setelah jaringan VPN dibuat, biaya perawatan sangat rendah.  Lebih dari itu, jika Anda memilih penyedia layanan, pengaturan jaringan dan pengawasan tidak lagi menjadi masalah.

Selain beberapa keuntungan diatas, sayangnya penggunaan VPN dikabarkan mampu memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Berikut penjelasan bahaya VPN :

1. Mengandung Malware

Salah satu tujuan utama VPN adalah untuk melindungi pengguna dari peretas. Sayangnya, alih-alih melindungi, sebuah studi mengungkapkan jika 283 VPN gratis telah mengandung malware. Sebagian besar malware terkait dengan periklanan, ini cukup masuk akal mengingat VPN gratis tidak memiliki sumber pendapatan yang jelas.

2. Melacak Aktivitas Online

Ini merupakan salah satu dampak paling ditakutkan bagi penggunan VPN. Parahnya ini dikabarkan menjadi dampak yang paling umum untuk VPN. Alasan utama Anda menggunakan VPN adalah untuk melindungi privasi Anda saat menjelajah internet. Oleh karena itu sangat ironis bahwa penelitian juga menemukan bahwa 72% dari VPN gratis tertanam dengan pelacak pihak ketiga.

3. Tidak Membuka Blokir Netflix

Menariknya, untuk saat ini tidak ada VPN gratis di luar sana yang mampu membuka blokir Netflix. Kabarnya membuka blokir Netflix membutuhkan banyak sumber daya dan penyedia VPN tidak mau memberikannya secara gratis.

4. Membatasi Jumlah Data yang Dapat Anda Gunakan

Seperti disebutkan di atas, beberapa VPN gratis teratas membatasi jumlah data yang mereka izinkan untuk akun gratis mereka. Aplikasi melakukan ini untuk membuat Anda mencobanya, tetapi segera Anda akan menyadari bahwa untuk benar-benar mendapatkan layanan yang Anda butuhkan, Anda harus meningkatkan ke paket berbayar.

5. Memperlambat Internet

Lambat laun, VPN akan memperlambat Internet Anda. Ini merupakan strategi ProtonVPN. Meskipun ProtonVPN memberikan keamanan yang sangat baik, untuk mendorong pengguna gratis mereka meningkatkan ke paket berbayar, mereka memprioritaskan mereka kurang dari pelanggan berbayar mereka, yang berarti kecepatan internet Anda akan sering melambat.

6. Bombardir Iklan

Alasan mengapa beberapa VPN gratis menawarkan iklan, karena pengguna mereka tidak membayar langganan bulanan. Perusahaan penyedia VPN memerlukan cara lain untuk menghasilkan uang. Betternet adalah salah satu penyedia yang menggunakan model ini. Meskipun mereka menyatakan di situs web mereka bahwa mereka tidak menampilkan iklan yang mengganggu, pada kenyataannya iklan muncul setiap kali pengguna terhubung.

7. Mereka Menjual Bandwidth Anda

Selain menampilkan iklan, VPN Hola menemukan cara lain untuk menghasilkan uang dari pengguna gratis. Aplikasi membiarkan pelanggan membayar mereka menggunakan kekuatan pemrosesan perangkat Anda. Intinya yakni menjual bandwidth Anda untuk mendapat keuntungan.

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)