Sorotan

Penggunaan Website Akan Mempermudah Penyebaran Informasi SMK PGRI 2 Jombang

Yogi | Kamis, 05 September 2019 - 11:32:59 WIB | dibaca: 623 pembaca

Dosen dari Institut Informatika Indonesia Surabaya melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan merancang serta mengembangkan website di SMK PGRI 2 Jombang mulai 10 Agustus 2019 hingga Desember mendatang. Dosen tersebut adalah Titasari Rahmawati, S.Pd., M.Kom., dan Hendriyani Magh`firoh, S.Pd., M.Pd. Pengabdian bertujuan untuk memudahkan admin sekolah dalam hal pengelolaan data.

Pengabdian tersebut didasari oleh banyaknya jumlah alumni yang ingin mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) SMK PGRI 2 Jombang. BLK merupakan penyalur antara alumni dan instansi yang membuka lowongan. Terkait hal itu, Titasari Rahmawati S.Pd., M.Kom dalam observasinya menemukan beberapa kendala yang dialami oleh pegawai BLK.

‘’SMK PGRI 2 Jombang kurang lebih memiliki 500 siswa, pada saat observasi kami mengunjungi beberapa bagian, seperti kantor Tata Usaha (TU), ruangan Guru, dan terakhir di bagian Balai Latihan Kerja. Di sini kami menemukan masalah seperti pegawai BLK yang kesulitan dalam melakukan pencatatan alumni yang akan melamar pekerjaan pada lowongan yang telah di-share oleh pihak BLK,’’ ujar Titasari, (05/09/2019).

Titasari menambahkan bahwa selama PKM di SMK PGRI 2 Jombang ada beberapa kegiatan yang bertahap, mulai dari sosialisasi pemanfaatan website, perancangan dan mendesain website, serta praktik dan pelatihan langsung dalam penggunaan website yang telah dirancang.

‘’Kegiatan Pengabdian ini terdiri dari dua rangkaian kegiatan inti, yang mana pada awal bulan April dilakukan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan website sebagai media informasi, kemudian setelah tim pengabdian menganalisa permasalahan yang ada, kami mulai merancang dan mendesain website yang dibutuhkan pihak sekolah. Kedua kami mengadakan pelatihan dengan pegawai BLK dan beberapa siswa kelas XII untuk melakukan praktek langsung penggunaan website tersebut,’’ imbuh Titasari.

Dari kegiatan pengabdian yang telah dan masih akan berlangsung hingga bulan Desember mendatang, Titasari bersama tim pengabdian lainnya berharap semoga pihak SMK PGRI 2 Jombang mampu memaksimalkan penggunaan website, sehingga dapat mempermudah dalam menerima dan menyampaikan sebuah informasi.

‘’Harapan kami adalah SMK PGRI 2 Jombang dapat memaksimalkan penggunaan website yang telah dirancang dan dibangun tim pengabdian. Terkait hal ini perancangan website tersebut juga tidak lepas dari bantuan ide dan masukan dari pihak BLK selaku pengguna sistem. Semoga website tersebut dapat menyelesaikan masalah yang dialami pegawai Balai Latihan Kerja SMK PGRI 2 Jombang,’’ ungkapnya.