berita

Pentingnya Menguasai Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0

Latifah | Senin, 16 April 2018 - 11:44:36 WIB | dibaca: 38 pembaca

Teknik Informatika, Fakultas Teknik UNTAG Surabaya selenggarakan Seminar Nasional dan Workshop dengan tema ''Internet of Things, Big Data, dan Industri 4.0''. Acara tersebut yang bertempat di Gedung Graha Wiyata lantai 9, Sabtu (7/4/2018).

Ketua Pelaksana Seminar Nasional dan Workshop, Anis Rahmawati Amna, S.Kom., M.Kom., MBA, mengatakan, dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri keempat dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi.

''Acara yang diadakan oleh Teknik Informatika ini, salah satunya untuk memberikan wawasan tentang data maining. Semoga dapat maksimal dalam memberikan pengetahuan data, dan pengolahan data di tengah-tengah perubahan dunia saat ini,'' ucap Anis.

Sementara itu, Rektor UNTAG Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM.,CMA.,CPAI dalam sambutannya mengatakan, dengan hadirnya teknologi menyebabkan perubahan saat ini bergerak sangat cepat. Maka penguasaan data menjadi sangat penting untuk mengejar perubahan tersebut.

''Pada era saat ini seseorang yang menguasai data itulah orang yang paling sukses, bahkan bayarannya paling mahal. Maka kita harus mampu mengejar di setiap perubahan, karena ketika kita tidak mampu mengejar perubahan maka siap-siap akan tertinggal dan terlindas,'' tuturnya.

Lebih lanjut dosen Fakultas Ekonomi itu menambahkan, saat ini Kampus UNTAG Surabaya juga tengah bertahap menggunakan teknologi pada setiap lini.

''Kita pun tentunya harus menguasai data berbasis teknologi agar bisa menjadi leader dan mengembangkan UNTAG Surabaya menjadi lebih baik lagi,'' ujar Nugroho.

Kegiatan dengan total materi selama 12 jam tersebut mendapatkan rincian materi, yang pertama Ir. Nonot Harsono, MT (dewan pengawas BP3TI) : 5G, IoT dan Big Data, Trend teknologi dan bisnis ke depan. Dilanjutkan oleh Ir. Onno W. Purbo, M. Sc.,PhD (pakar IT Indonesia) : Penggunaan dan Pemrograman Arduino, Teknik Network Programming, Programming Ethernet di Arduino dan MQTT untuk IoT. Sedangkan pemateri ke tiga yaitu Bagus Jati, S. Kom., M.Sc., PhD (Peneliti Data Engineering) : Data Mining, Map-Reduce, and New Software Stack, Finding Similar Items ans Mining Data Streams, Link Analysis, Frequent Itemset, Dimentionality Reduction dan Large-Scale Machine Learning.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)