Hasil Karya

Perancangan Peralatan Kendali Berbasis Internet Dengan Inputan Suara

Menik | Rabu, 02 Agustus 2017 - 08:58:24 WIB | dibaca: 267 pembaca

Mahasiswa Teknik Elektro UNTAG Surabaya Muhammad Ridhwan dan  Galuh Pamudi membuat perancangan peralatan kendali berbasis Internet dengan inputan suara yang  mampu memberikan kemudahan dalam mengoperasi pada rumah pintar.

Muhammad Ridhwan mengatakan melihat  perkembangan teknologi dalam elektronika saat ini sangat pesat dilihat dari banyaknya aplikasi teknologi yang berbasis sistem kontrol dan kecerdasan buatan dalam bidang industri , pendidikan , maupun kehidupan sehari-hari.

Dengan bertambahnya kebutuhan dan pekerjaan membuat orang kadang jenuh atau capek. “ Berawal dari hal tersebut kami mencoba membuat sebuah alat sistem control menggunakan suara sebagai inputannya. Perancangan sistem control menggunakan inputan suara sangat memberikan kenyamanan tersendiri dilihat dari perkembangan bahwa kini sistem pencarian ataupun teknologi menggunakan suara lebih efisien,”jelas Muhammad Ridhwan saat ditemua www.warta17agustus.com diruang TU Teknik Elektro UNTAG Surabaya.

“ Dalam penelitian ini kami membuat suatu alat system control peralatan berinputkan suara menggunakan aplikasi yang kami buat pada smartphone sehingga terhubung antara kontrol suara dan alat yang nantinya akan dinyalakan. Pada projek ini aplikasi yang kita buat nantinya akan memberikan perintah yang dikirim melalui media internet dan pada setiap rumah juga harus terpasang wifi dan modul yang kita buat agar nantinya dapat terkontrol oleh aplikasi ini,” tambah Galuh Pamudi.

“Untuk alat kita membuat suatu konsep smarthome dengan sistem voice atau suara, jadi  apa yang kita ucapkan melalui aplikasi kemudian dia akan mengirim perintah untuk mengontrol rumah tersebut. Kalau dahulu sudah ada menggunakan bluetooth atau infrared disini kita menggunakan internet sebagai media transfer file tentang apa yang kita perintahkan. Untuk aplikasi yang dipasang di dalam smartphone kami namai dengan  Speconnet (speaking control internet),”jelas mahasiswa teknik Elektro tersebut.

“Dengan aplikasi Speecconet kita tidak membutuhkan tombol lagi dalam mengatur rumah, cukup dengan setting atau mengatur terlebih dahulu frekuensi suara, kemudian kita mengucapkan suatu kata perintah dan akan langsung direspon oleh aplikasi dan langsung dikirim kerumah melalui modul yang sudah disetting didalam rumah. Untuk  jangkauan koneksi Speconnet sesuai dengan jaringan jangkauan sinyal wifi di rumah tersebut, untuk wifi disarankan sinyalnya harus dengan kapasitas yang sinyalnya kuat kalau sinyalnya lemah nanti akan ada jeda dalam penyampaian pesan atau terjadi pengulangan,”tutupnya.








Komentar Via Website : 2
obat gondok
23 Agustus 2017 - 13:03:28 WIB
sehat alami herbal
05 Oktober 2017 - 16:06:53 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)