Sorotan

Peringati Hari Batik, SMPTAG Surabaya Mendapat Banyak Apresiasi Dari Masyarakat

Yogi | Kamis, 03 Oktober 2019 - 11:26:27 WIB | dibaca: 4763 pembaca

Sekolah Menengah Pertama 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada Rabu, 2 Oktober 2019. Guru, Staf, hingga siswa – siswi SMPTAG Surabaya serentak mengenakan batik yang merupakan warisan budaya asli Indonesia dan telah mendapat pengakuan dunia dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization atau UNESCO.

Didik, Humas SMPTAG Surabaya, mengatakan Hari Batik Nasional harus diperingati karena hal tersebut dilakukan untuk melestarikan budaya serta memberikan pendidikan bagi siswa –siswi supaya lebih mencintai produk dalam negeri.

‘’Dalam peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober ini, kami meminta anak – anak untuk mengenakan baju batik. Hal itu kami lakukan untuk memberikan pendidikan bagi anak – anak supaya lebih mencintai produk dalam negeri,’’ ucap Didik ketika ditemui warta17agustus di kantornya (02/10/2019)

Selain itu Didik juga menyampaikan bahwa respon siswa – siswi SMPTAG Surabaya dinilai sangat antusias terhadap peringatan Hari Batik Nasional tersebut. Karena tidak hanya mengenakan baju batik saja, namun siswa – siswi juga meluapkan rasa cintanya terhadap batik dengan menuliskan berbagai kalimat di atas kertas dan mereka tunjukkan ke masyarakat umum yang kebetulan melintas di area SMPTAG Surabaya.

‘’Dari kegiatan tersebut ternyata respon anak – anak sangat antusias, sehingga rasa cinta terhadap batik di peringatan Hari Batik Nasional diluapkan dengan berbagai macam tulisan di atas kertas atau poster oleh siswa – siswi SMPTAG Surabaya. Hasil tulisan tersebut mendapat banyak apresiasi dari masyarakat yang kebetulan melintas dengan acungan jempol. Kemudian poster tersebut dipasang di majalah dinding kelas masing – masing,’’ imbuh Didik.

Dengan memperingati Hari Batik Nasional, siswa - siswi berusaha menyampaikan ajakan untuk mencintai produk dalam negeri, khususnya batik yang merupakan warisan luhur dari Bangsa Indonesia. Didik berharap dengan peringatan Hari Batik Nasional tersebut siswa – siswi SMPTAG Surabaya dapat lebih mengenal dan mencintai warisan budaya, khususnya batik.

‘’Untuk harapan ke depan yang pasti dapat sesuai dengan tujuan kami, yaitu untuk membentuk karakter anak. Jelas kami semua harus cinta Tanah Air, apalagi momentumnya mendekati Hari Sumpah Pemuda, sehinga diharapkan siswa – siswi SMPTAG Surabaya bisa lebih mencintai produk dalam negeri, cinta Tanah Air, cinta Bangsanya dan otomatis cinta Negaranya,’’ tutup Didik.