Sorotan

PKPA FISIP Untag Surabaya Mengadakan Pelatihan Tata Kelola Pemerintahan Desa Di Kabupaten Lamongan

Kusnan | Jumat, 12 Juni 2015 - 14:08:35 WIB | dibaca: 929 pembaca

Pada hari Rabu-Kamis, (10-11/6/2015) Pusat Kajian Public Administration (PKPA) FISIP Untag Surabaya mengadakan kegiatan pelatihan tata kelola pemerintahan desa dengan diterbitkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara PKPA FISIP Untag Surabaya untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa mengingat ada perubahan strategis bagi desa. Selain itu juga merupakan kegiatan rutin dari PKPA. “ Kegiatan ini merupakan aplikasi dari dosen FISIP dalam Tri Dharma perguruan tinggi,” kata Dra Tri Yuliyanti, M.Si selaku tenaga ahli bidang hukum dan administrasi pertanahan PKPA.

Menurut Tri Yuliyanti, pihak desa menyambut dengan baik dan antusias kegiatan pelatihan tersebut bahkan mereka berharap tidak sekedar pelatihan saja, tetapi juga adanya pendampingan yang berkaitan dengan anggaran, BUMDes, dan pertanahan. “ PKPA membuka kesempatan bagi seluruh kepala desa dan BPD yang hadir untuk datang ke PKPA bila ada permasalahan yang perlu dikonsultasikan,” imbuh Tri Yuliyanti.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang peraturan dan kebijakan dalam pelaksanaan Undang-Undang Desa, membangun komitmen bersama antara pusat dan daerah dalam membangun desa mandiri sesuai target RPJMN 2015-2019. “ Selain itu, menyosialisasikan kebijakan umum dan teknis terkait dengan penguatan pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat, pembangunan desa dan kawasan perdesaan untuk mewujudkan desa mandiri,” tambahnya.

Sedangkan materi yang disampaikan dalam pelatihan itu mengenai Pemerintahan Desa oleh Dra. Nunuk R, M.Si dan Drs. Wahyono, M.Si, Pelayanan Publik oleh Prof. Dr. Edy Sutrisno dan Drs. Bagoes S, M.Si, APBDes oleh Drs. Anom Maruto, MM, Kepemimpinan oleh Drs. Trang P, M.Si dan teguh S, M.Si, Hukum dan administrasi pertanahan oleh Achluddin IR, SH.,M.Si dan Dra Tri Yuliyanti, M.Si.