Artikel

Poltek Untag Surabaya Terapkan Entreprice Resource Planning Bantu UMKM di Sidoarjo

Kusnan | Senin, 25 September 2017 - 12:05:23 WIB | dibaca: 170 pembaca

Dosen Politeknik UNTAG Surabaya Yusuf Eko Nurcahyo, S.T.,M.T melakukan penelitian tentang Penerapan Entreprice Resource Planning (ERP) ADempire Modul Manufacturing pada UMKM Pembuatan Mesin Tusuk Sate di Desa Terung Kulon Krian, Sidoarjo.

Saat ditemui warta17agustus.com di tempat kerjanya, Yusuf mengaku bahwa ketertarikannya melakukan penelitian tersebut, karena UMKM mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan.

''UMKM di Indonesia selama ini terus mengalami perkembangan, terutama di Jawa Timur. UMKM juga menjadi kunci pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur. Bisa dilihat dari besarnya kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),'' jelas Yusuf, Jum’at (22/9/2017).

Menurut dosen Teknik Manufaktur itu, perkembangan UMKM di Jawa Timur yang bagus tersebut ternyata masih ada beberapa UMKM yang belum bisa memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Salah satunya adalah UMKM Pembuatan Mesin Tusuk Sate yang ada di Desa Terung, Krian, Sidoarjo.

''UMKM ini belum menggunakan teknologi informasi manufacturing dalam proses pembuatan tusuk sate. Jika hal ini dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin suatu saat akan mengalami kerugian, kalah bersaing dengan perusahaan lain yang sudah menerapkan teknologi,'' tambahnya.

Menyikapi masalah tersebut, Yusuf bersama tim mencoba mengatasinya dengan menerapkan Entreprice Resaource Planning (ERP) ADempire Modul Manufacturing. ERP merupakan sistem berbasis komputer yang didesain untuk proses transaksi organisasi dan fasilitas yang terintegrasi serta perencanaan yang real-time, produksi, dan respon pelanggan. Penerapan sistem ERP menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas sistem informasinya. Hal ini dikarenakan ERP merupakan bagian dari infrastruktur perusahaan yang dapat menunjang kelancaran proses bisnis perusahaan yang menerapkannya.

''ERP selama ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar. Dengan sistem ini diharapkan dapat memperlancar arus pasokan material. Sehingga UMKM Pembuatan Mesin Tusuk Sate tersebut bisa berkembang dan bersaing,'' ucapnya.

Lebih lanjut dosen asal Ngajuk itu menjelaskan, bahwa aplikasi yang digunakan dalam penelitiannya adalah ADempiere. Aplikasi ADempiere merupakan salah satu aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat membantu dalam mengelola data pada perusahaan seperti data transaksi dan data produksi. Dengan adanya ADempiere, pencatatan akan lebih akurat dan lebih cepat dibandingkan pencatatan yang masih manual, sehingga dapat meminimalkan kesalahan pencatatan, pemesanan produk, persediaan bahan baku, pengelolaan gudang, laporan produksi, dan laporan keuangan.

''Aplikasi ADempiere adalah aplikasi open source atau gratis dan dapat dikustom sesuai dengan proses bisnis perusahaan yang akan digunakan dan saling terintegrasi,'' ujar Yusuf.








Komentar Via Website : 2
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)