berita

Prodi Sastra Jepang UNTAG Surabaya Dorong Mahasiswa Kuliah di Luar Negeri

Menik | Jumat, 08 Juni 2018 - 11:12:27 WIB | dibaca: 102 pembaca

Prodi Sastra Jepang Fakultas Sastra (FS) UNTAG Surabaya selenggarakan Kuliah Umum ‘’Studi ke Jepang Membangun Bangsa Melalui Pendidikan’’. Kuliah umum berlangsung di  Meeting Room 1, Gedung Graha Wiyata lantai 1, Selasa (5/6/2018).

Ketua Prodi Sastra Jepang Dra. Endang Poerbowati, M.Pd mengatakan, bahwa kuliah umum tersebut untuk memberikan inspirasi pada mahasiswa untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam belajar Sastra Jepang dan bisa melanjutkan studi ke Jepang.

“Selain itu juga untuk memberikan wawasan tentang sistem pembelajaran di Jepang sehingga mereka semakin meningkat keinginannya untuk melanjutkan studi ke Jepang dan terus meraih prestasi-prestasi yang ingin di capai,’’ tambahnya.

Endang berharap melalui kuliah umum tersebut, dapat memotivasi mahasiswa untuk bisa melanjutkan kuliah ke Jepang.

‘’Alumni kami juga sudah banyak yang studi dan bekerja di Jepang sehingga bisa memotivasi dan ikut dalam perkembangan internasional,’’ ucapnya.

Sementara itu, Tuswadi selaku narasumber kuliah umum mengatakan untuk bisa sukses dalam menempuh studi di Jepang dibutuhkan niat dan impian yang kuat, memperbanyak jaringan dan selalu mengasah keterampilan.

‘’Selalu menjalin hubungan baik dengan profesor dan mahasiswa selama di Jepang. Banyak kasus mahasiswa yang mengalami gegar budaya antara budaya Jepang dan Indonesia yang mengakibatkan mereka tidak fokus sehingga tidak bisa berprestasi selama studi. Agar tidak mengalami gegar budaya diperlukan usaha lebih keras dalam belajar,’’ ujarnya.

Tuswadi juga menceritakan aktivitasnya selama di Jepang seperti menjalin jejaring dengan beberapa Profesor dan instansi. Tujuanya adalah, untuk menggali informasi agar bisa bekerjasama yang nantinya dapat disebarluaskan kepada mahasiswa agar  lebih semangat dalam mewujudkan impian dan memajukan bangsa melalui pendidikan.

‘’Ini juga untuk menginspirasi seluruh anak bangsa agar bisa meraih cita-cita. Kita hidup hanya sekali jadi harus berprestasi dan bermanfaat bagi sesama serta berkontribusi bagi bangsa,’’ tutupnya.

Perlu diketahui selama menempuh studi di Jepang Tuswadi berhasil mendirikan Weekly Research Meeting Group untuk mahasiswa Indonesia di Hiroshima University, mengikuti intership, international conference dan riset, aktif dalam Persatuan Pelajar Indonesia Komisariat Hirosima sebagai President, sebagai Wakil Ketua Keluarga Muslim Indonesia di Hiroshima, dan terpilih menjadi anggota Akademi Ilmuan Muda Indonesia (ALMI) pada akhir 2017 lalu.








Komentar Via Website : 1
ciri ciri mata juling dan cara menyembuhkanya
11 Agustus 2018 - 10:52:35 WIB
sukses selalu
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)