Karya Ilmiah

Profesioanal Perawat Rumah Sakit Ibu Dan Anak Di Provinsi Sulawesi Selatan

Latifah | Jumat, 19 Februari 2016 - 13:15:59 WIB | dibaca: 1001 pembaca

A. Haerani Wittiri, SKM., M.Kes., Mahasiswi S3 Progam Ilmu Ekonomi UNTAG Surabaya telah berhasil menyelesaikan studinya, dengan judul disertasi yang diajukan mengenai Pengaruh Locus of control, Knowledge sharing dan Etika profesi terhadap profesionalitas perawat melalui individual learning pada rumah sakit ibu dan anak di Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun manfaat dari penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan dan masukan (input) serta informasi, dalam menyusun indicator peningkatan profesionalitas perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Anggota DPRD Kabupaten Soppeng tersebut menjelaskan tujuan penelitian ini untuk membuktikan dan menganalisis adakah pengaruh Locus of control, Knowledge sharing dan Etika profesi terhadap profesionalitas perawat melalui individual learning pada Rumah Sakit Ibu dan Anak di Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana arti dari Locus of control perawat adalah perilaku yang diperhatikan oleh perawat dalam mengontrol lingkungan dimana dia berada sebagai unsur dukungan dalam unjuk kerjanya pada rumah sakit. Knowledge sharing perawat adalah adanya tukar menukar pengetahuan dasar keperawatan yang dilakukan para perawat satu sama lain dalam mendukung tugas dan fungsinya pada rumah sakit.

Lanjutnya, Etika profesi adalah perilaku yang harus dipedomani dalam melakukan tugas dan wewenang yang dimilikinya sebagai rambu dan tanggungjawab yang diemban pada Rumah Sakit Ibu dan Anak di Provinsi Sulawesi Selatan, individual learning adalah model pembelajaran secara individu bagi perawat dalam mengambangkan kemampuan yang dimilikinya dalam menunjukan kinerjanya pada rumah sakit dan sedangkan profesionalitas perawat adalah kemampuan yang dimiliki para perawat secara professional, mandiri dan memegang teguh kode etik keperawatan selama menjalankan tugasnya pada rumah sakit.

Dari hasil penelitian ini terdapat dapat dikelompokan terdapat variabel berpengaruh signifikan dan variabel berpengaruh tidak signifikan. " variabel berpengaruh signifikan yaitu Pertama, Locus of control berpengaruh signifikan terhadap individual learning perawat, yang artinya semakin baik Locus of control perawat maka individual learning–nya semakin tinggi, kedua, Knowledge sharing signifikan terhadap individual learning perawat, yang berarti semakin baik Knowledge sharing perawat maka individual learning–nya akan semakin tinggi, ketiga, Etika profesi berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas perawat, yang berarti semakin baik Etika profesi perawat maka profesionalitas perawat akan semakin tinggi, keempat, Etika profesi signifikan terhadap individual learning perawat, yang berarti semakin baik etika profesi perawat maka individual learning–nya akan semakin tinggi dan kelima, individual learning berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas perawat, artinya semakin baik individual learning perawat maka semakin professional perawat tersebut, " kata istri dari Dr. H. Leo Prawirodihardjo, S.Pog(K), M.Kes, MM, PhD. 

" Sedangkan variabel berpengaruh tidak signifikana adalah Locus of control berpengaruh tidak signifikan terhadap profesionalitas perawat, artinya Locus of control perawat yang meningkat tidak akan meningkatkan profesionalitas perawat secara signifikan sehingga masih diperlukan peran individual learning untuk meningkatkan profesionalitas tersebut dan Knowledge sharing berpengaruh tidak signifikan terhadap profesionalitas perawat, artinya Knowledge sharing perawat yang baik tidak akan meningkatkan profesionalitas perawat secara signifikan dan masih diperlukan peran individual learning untuk meningkatkan profesionalitas tersebut, " tambahnya.

" Dari disertasi ini saya menyarankan untuk perawat bahwa perawat yang profesioanal diperlukan adanya komitmen yang tinggi terhadap tugas dan tanggungjawab yang di emban. Kinerja pelayanan kepada pasien merupakan aspek yang penting untuk membentuk perawat yang professional dan perawat harus proaktif dalam mengikuti program-program untuk meningkatkan kemampuannya, baik kemampuan dasar maupun kemampuan spesialis, " tutup ibu empat orang anak tersebut.








Komentar Via Website : 45
erialaspari
27 Oktober 2016 - 14:16:01 WIB
thaks you https://goo.gl/oAvSO4
https://goo.gl/Mvgmpt
https:// goo.gl/RxBCJh
http://www.obatmaagterbaik.com/
http: //www.ahlinyakanker.com/ good jobs
Khasiat Jelly Gamat QnC
08 November 2016 - 13:21:40 WIB
terima kasih info nya sukses selalu pa....http://khasiatqncgamat.blogspot.co.id/
Jelly Gamat QnC
02 Februari 2017 - 13:29:36 WIB
Jelly Gamat QnC memberikan penawaran menarik untuk Anda yang tidak akan Anda temukan di toko herbal online manapun yaitu "BISA KIRIM DULU BARANG, SETELAH BARANG SAMPAI BARU TRANSPER PEMBAYARAN, KAMI MENJAMIN 100% UANG ANDA KEMBALI APABILA BARANG YANG DIPESAN TIDAK SAMPAI PADA ALAMAT ANDA"
http://www.jellygamatqnctasikmalaya.ga/2017/ 01/jelly-gamat-qnc.html
AwalKembali 123... 5 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)