Sorotan

Sebesar 50 Persen Royalti Penjualan Novel Rinai Karya Sinta Yudisia Digunakan Untuk Kepentingan Sosial

Kusnan | Kamis, 13 November 2014 - 08:29:29 WIB | dibaca: 1275 pembaca

Sinta Yudisia mahasiswa Magister Psikolog Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya menerbitkan novel berjudul “Rinai” tahun 2007 dengan penerbit Indiva Media Kreasi, Surakarta. Sebesar 50 % royalti penjualan novel  digunakan untuk kepentingan sosial.

Sinta Yudisia lahir di Yogyakarta, 18 Februari 1974. Profesi lain sebagai penulis, trainer, guru menulis, dan aktif sebagai pengurus Forum Lingkar Pena (FLP) dan Pengajian Literasi Sastra (PELITA). Hingga saat ini, telah diterbitkan lebih dari 40 buku, baik fiksi maupun non fiksi, salah satunya adalah novel Rinai.

Rinai adalah novel yang ditulis selama dua bulan, dengan referensi yang dikumpulkan lebih dari satu tahun. Rinai juga merupakan tulisan istimewa yang merekam jejak keindahan negeri Gaza, Palestina; hasil perenungan selama lima hari tinggal di Khan Younis, Gaza.

Inilah beberapa komentar yang ada di novel Rinai. “Novel di tangan Sinta Yudisia tidak sekedar rekaan cerita, tetapi juga alat negosiasi efektif bagi peradaban tandingan atas peradaban yang ada. Melalui konflik kontekstual Palestina, kali ini Sinta menghadirkan upaya negosiasinya dalam setiap lapis cerita. Selamat dan salut atas energi dan upaya yang terus menyala,” (Irfan Hidayatullah-Dosen Sastra Unpad, Penulis Sang Pemusar Gelombang).

“RINAI bukan hanya sekedar menjadi bukti kepiawaian Sinta meramu-leburkan solidaritas global ke dalam konflik ideologi dan bersenyawa, tapi juga menawarkan sudut pandang yang seksi: metamorfosa seseorang ke arah kebaikan, menemukan jati diri, memahami nasionalisme, dan spiritualitas sosial justru tidak berproses dalam kepompong yang bernama Tanah Air, namun terjadi di tanah anbiya sana: Palestina!” (Benny Arnas-Sastrawan Muda, Penulis Jatuh dari Cinta).

Sebesar 50% royalti penjualan novel ini digunakan untuk membantu para mahasiswa Gaza, Palestina yang bersekolah di Indonesia, membantu perempuan dan anak-anak sesuai harapan ministry of women affairs, Gaza dan membantu pendidikan, seni, dan budaya atas harapan ministry of culture, Gaza.

Sinta Yudisia dapat ditemui di http://sintayudisia.wordpress.com, http://sintayudisia.mulphy.com.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)