Karya Ilmiah

Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Lulus Doktor Ilmu Administrasi UNTAG Surabaya

Latifah | Rabu, 21 Februari 2018 - 11:51:42 WIB | dibaca: 165 pembaca

Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Dr. Junaidi, SE.,SKM.,M.Kes,.MAP, resmi menyandang gelar Doktor (S3) Ilmu Administrasi setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Terbuka Program Studi Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya. Ujian terbuka dilaksanakan di Meeting Room, Rabu (14/2/2018).

Disertasi Junaidi yang berjudul “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen serta Citra Organisasi pada Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan” tersebut dilatarbelakangi karena adanya tuntutan peningkatan kompetensi dan motivasi pegawai pemerintah, baik itu dari pegawai pemerintah pusat maupun pegawai di tingkat daerah yang paling kecil (kelurahan) dari pelaksana Otonomi Daerah.

Dalam disertasinya, Junaidi meneliti Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Kalimantan Selatan. Hasilnya, ditemukan masalah besar yang dihadapi yaitu kurangnya motivasi pegawai dalam menjalankan tugas sehari-hari. Padahal Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu Bapelkes yang selama ini konsisten berusaha keras untuk membantu program pemerintah meningkatkan kemampuan pegawai di wilayahnya.

Lebih lanjut dia memaparkan hasil penelitiannya pada Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan ditemukan fakta bahwa kompetensi dan motivasi kerja pegawai berpengaruh pada kualitas pelayanan. Demikian pula, kompetensi pegawai berpengaruh pada kepuasan publik atas pelayanan, tetapi tidak dengan motivasi kerja pegawai yang tidak berpengaruh pada kepuasan publik. Selanjutnya, kompetensi dan motivasi kerja pegawai berpengaruh pada kualitas pelayanan di Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan yang menghasilkan kepuasan publik.

Berdasarkan hasil penelitiannya tersebut, Junaidi menyarankan perlunya perubahan terhadap sumber daya manusia dalam Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dengan cara meningkatkan  kompetensi dan motivasi kerja pegawai. Selain itu, perlu peningkatan kualitas dan kuantitas dalam sarana dan prasarana dan tenaga pengajar, sehingga kepuasan para tenaga kesehatan akan berdampak pada kompetensi dan motivasi tenaga kesehatan yang tentu saja berdampak positif pada kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan citra Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan.

Perlu diketahui disertasi Junaidi tersebut selain berhasil mengantarkannya meraih gelar Dokor Ilmu Administrasi di FISIP UNTAG Surabaya, dia juga mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)