Hasil Karya

Sistem Aquaphonix Solusi Bercocok Tanam Saat Musim Kemarau

Latifah | Senin, 15 Januari 2018 - 10:52:26 WIB | dibaca: 355 pembaca

Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-Reguler Semester Ganjil 2017/2018 UNTAG Surabaya membuat sistem aquaphonix untuk membantu masyarakat Desa Desa Labang, Madura, dalam bercocok tanam. Sistem aquaphonix tersebut dapat digunakan meskipun saat musim kemarau.

Wakil Ketua Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG) Yasika Seputra mengatakan, Desa Labang merupakan salah satu desa dengan kondisi wilayah gersang dan pengairan yang kurang memadai, sehingga mengakibatkan sulitnya air di musim kemarau. Kondisi inilah yang mendorong petani Desa Labang beralih profesi ketika musim kemarau.

''Di sana kebanyakan profesinya adalah seorang petani, tetapi ketika musim kemarau banyak yang menjadi pedagang, peternak, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), bahkan pengangguran dikarenakan cuacanya yang cukup panas dan gersang,'' ucap Yasika saat dikonfirmasi warta17agustus.com.

Mahasiswa Teknik Mesin itu lebih lanjut menjelaskan, aquaphonix adalah suatu kombinasi sistem akuarium dan budidaya tanaman hidroponik. Pada sistem ini ikan dan tanaman tumbuh dalam satu sistem yang terintegrasi dan menciptakan suatu simbiotik antara keduanya. Prinsip dari aquaphonix ini yaitu memanfaatkan secara terus menerus air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya tanaman ke kolam ikan. Inti dasar dari sistem teknologi ini adalah penyediaan air yang optimum untuk masing-masing komoditas dengan memanfaatkan sistem re-sirkulasi.

''Sistem aquaphonix ini sengaja dibuat agar masyarakat setempat paham akan sistem cocok tanam aquaphonix, bagaimana menerapkannya dengan benar, dan menjadi terobosan cocok tanam walau di musim kemarau, atau bahkan menjadi ladang usaha baru bagi warga setempat,'' jelas Yasika.

Dia berharap dengan adanya metode aquaphonix dapat menjadi terobosan bercocok tanam di tempat yang kurang air atau wilayah yang panas dan gersang.

''Semoga program ini bermanfaat bagi warga setempat. Warga dapat terus bercocok tanam meski di musim kemarau bahkan bisa menjadi mata pencaharian baru bagi warga, seperti menghasilkan produk sayuran dan ikan dari metode aquaphonix,'' pungkas mahasiswa angkatan 2014 itu.








Komentar Via Website : 1
Cara Mengobati Usus Buntu Kronis
17 Januari 2018 - 15:16:51 WIB
Terima kasih atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali :)
https://goo.gl/e5A4JC
https://goo.gl/bw24ZA
http s://goo.gl/8SR7UA
https://goo.gl/Ge7MLT
https://goo .gl/W3s4x2
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)