Sorotan

SMPTAG Surabaya Memperoleh Akreditasi A dari BAN-SM

Kusnan | Rabu, 17 Mei 2017 - 09:25:15 WIB | dibaca: 372 pembaca

Sekolah Menengah Pertama UNTAG Surabaya (SMPTAG) selama tiga periode berturut-turut memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM). Pada tahun 2016 lalu SMPTAG Surabaya mendapatkan akreditasi A dengan nilai 92 berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M Nomor: 200/BAP-S/M/SK/X/2016 dan berakhir tanggal 25 Oktober 2021.

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah yang dilakukan oleh BAN-SM. Sedangkan kelayakan program satuan pendidikan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan.

Kepala SMPTAG Surabaya Wiwik Wahyuningsih, MM mengatakan, ada delapan standar yang ditetapkan pemerintah untuk melakukan penilaian akreditasi, diantaranya standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

“Tujuan akreditasi sekolah adalah untuk memberikan informasi tentang kelayakan atau program yang dilaksanakan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan, memetakan mutu pendidikan, dan merupakan bentuk pertanggungjawaban,” jelasnya saat dikonfirmasi warta17agustus.com di kantornya, Selasa (16/5/2017).

Menurut Wiwik, status akreditasi masih berpengaruh penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pihak sekolah. Karena masyarakat masih melihat status akreditasi maka akan mempengaruhi saat dalam hal penerimaan siswa baru.

Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak, guru, tenaga kependidikan, BSI (Badan Sistem Informasi), dan YPTA Surabaya, akhirnya SMPTAG Surabaya bisa memperoleh nilai akreditasi yang diinginkan,” pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)