berita

SMPTAG Surabaya Terpilih Menjadi Pilot Project Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter

Kusnan | Selasa, 01 Agustus 2017 - 09:47:38 WIB | dibaca: 392 pembaca

SMPTAG Surabaya terpilih menjadi pilot project Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Gerakan PPK merupakan salah satu bentuk implementasi revolusi karakter bangsa yang disebutkan dalam Nawa Cita.

Saat ini, melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2008 menjadi PP Nomor 19 Tahun 2017, Kemendikbud mendorong perubahan paradigma para guru agar mampu melaksanakan perannya sebagai pendidik profesional yang tidak hanya mampu mencerdaskan anak didik, namun juga membentuk karakter positif agar anak didik menjadi generasi emas Indonesia dengan kecakapan abad ke-21.

Penguatan karakter menjadi salah satu program prioritas pemerintah yang digulirkan sejak tahun 2016. Saat ini SMPTAG Surabaya ditunjuk oleh Kemendikbud untuk menjadi pilot project gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),” kata Kepala SMPTAG Surabaya Drs. Wiwik Wahyuningsih, MM saat ditemui warta17agustus.com di kantornya, Senin (31/7/2017).

Dalam Nawa Cita, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar merupakan elemen yang sangat penting, dengan proporsi untuk Sekolah Dasar 70 persen dan Sekolah Menengah Pertama 60 persen. Artinya, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan.

“Setiap tahun kami melakukan evaluasi, dengan mengundang orangtua siswa untuk menanyakan alasan mereka memilih SMPTAG Surabaya. Ternyata jawabannya adalah karena sekolah kami disipilin, artinya paradigma masyarakat telah berubah tidak lagi memprioritaskan nilai akademis melainkan akhlak (karakter),” ungkap Wiwik.

Gerakan PPK memiliki lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri tetapi saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis, dan membentuk keutuhan pribadi.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)