Karya Ilmiah

Strategi Peningkatan Pemasaran UKM Tas dan Koper di Provinsi Jawa Timur

Menik | Jumat, 28 Juli 2017 - 09:00:18 WIB | dibaca: 621 pembaca

Drs.IGN Anom Maruta,MM berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi UNTAG Surabaya pada Rabu, 26 Juli 2017 dengan judul disertasi “ Keunggulan Bersaing Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Imitasi Terhadap Kinerja Pemasaran” di Meeting room 1, gedung Graha Wiyata UNTAG Surabaya.

Keberadaan usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang sangat penting dalam struktur perekonomian suatu negara, termasuk di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Melihat fenomena di lapangan banyak UKM yang semakin terdesak dengan banyaknya barang-barang impor yang masuk ke Indonesia juga membuat masyarakat atau konsumen lebih suka membeli barang-barang dari luar tersebut kata  Drs.IGN Anom Maruta,MM.

“Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan temuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kinerja pemasaran perlu diperhatikan peningkatan orientasi pasar, strategi imitasi dan keunggulan bersaing secara terprogram dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Peningkatan kinerja pemasaran juga perlu memperhatikan indikator yang dipakai untuk mengukur yaitu pertumbuhan pelanggan, hasil penjualan, pangsa pasar dan loyalitas pelanggan,”jelas Drs.IGN Anom Maruta,MM.

Mahasiswa kelahiran Denpasar tersebut juga mengatakan hasil penelitian ini mempunyai  implikasi teori yaitu secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu Ekonomi di bidang manajemen pemasaran khususnya berkaitan dengan orientasi pemasaran, orientasi kewirausahaan, strategi imitasi pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran dengan mediasi keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UKM tas dan koper kulit di Jawa Timur.

Secara teoritis orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sehingga hasil temuan ini bisa menjadi bahan kajian dalam pengembangan ilmu. Implikasi praktis dari UKM industri tas dan koper kulit di Jawa Timur, para pelaku UKM industri tas dan koper kulit di Jawa Timur perlu meningkatkan orientasi pemasaran melalui orientasi pada pelanggan, orientasi pesaing pesaing dan koordinasi antar fungsi. Strategi imitasi masih perlu dilakukan dengan meningkatkan kreatifitas terhadap model, ukuran, motif dan desain dari produk yang sudah mempunyai merk terkenal, sepanjang pelaku usaha belum mampu melakukan inovasi.

Berdasarkan hasil penelitiannya Drs.IGN Anom Maruta,MM merekomendasikan (1) Para pengusaha UKM tas dan koper di Jawa Timur diharapkan lebih berorientasi pada kewirausahaan dengan selalu berorientasi pada inovasi, selalu proaktif dan berani mengambil resiko dalam menjalankan usaha agar dapat meningkatkan keunggulan bersaing yang dimiliki(2) Pemerintah diharapkan lebih menfasilitasi pengembangan pasar melalui kegiatan expo ditingkt regional, nasional maupun internasional, namun kegiatan tersebut perlu dikembangkan dan frekuensinya diperbanyak sehingga yang mengikuti expo lebih banyak dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan  perlu melanjutkan pada penelitian berikutnya karena penelitian ini memilki kebaharuan  dan masih banyak produk unggulan lain yang perlu penelitian untuk mengukur model struktural yang ada.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)