prestasi

Tekuni Bisnis Amplop, Rahma Dapat Dana Hibah Wirausaha Pemula dari Kemenkop dan UKM

Latifah | Senin, 30 April 2018 - 13:03:38 WIB | dibaca: 146 pembaca

Rahma Kusumasari mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya lolos seleksi proposal bisnis dan mendapatkan dana bantuan Wirausaha Pemula dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia dalam program Gerakan Mahasiswa Pengusaha (GMP). Dana tersebut diberikan atas bisnis amplop yang ditekuninya dengan Brand Styleeves.

Sebuah amplop biasanya hanya terbuat dari kertas yang dipotong berbentuk belah ketupat dan dilipat sedimikian rupa dengan desain sederhana. Namun, didesain dengan unik dapat merubah amplop menjadi kekinian.

Rahma mengatakan bahwa ada 11 mahasiswa yang dikirim kampus UNTAG Surabaya untuk mengikuti seleksi di Hotel Sahid Surabaya, tetapi hanya 6 mahasiswa yang berhasil lolos.

‘’Pada tahap seleksi, proposal bisnis kami dinilai dan diseleksi kembali oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Apakah layak untuk mendapat dana bantuan atau tidak. Kemudian dari 6 proposal yang ada, hanya 3 orang yang berhasil lolos seleksi. Salah satunya Saya,’’ papar mahasiswi angkatan 2014 tersebut.

Lebih lanjut mahasiswa yang sedang menjabat sebagai pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam UNTAG Surabaya itu mengungkapkan kegembiraannya karena berhasil mendapatkan dana bantuan Wirausaha Pemula dari Kementerian Koperasi dan UKM.

‘’Alhamdulillah, bersyukur mendapatkan sumbangan ini. Tetapi, saya tidak menyangka bakalan lolos seleksi dan mendapat dana karena mengingat seleksinya yang begitu ketat,’’ ungkap Founder KreatifiX itu.

Rahma mengungkapkan, bahwa bisnis amplop dengan brand Styleeves-nya merupakan bisnis yang kesekian kalinya. Sebelumnya, dia pernah berjualan tahu bulat, sandal, baju, dan kerudung.

‘’Brand yang diajukan untuk ikut seleksi adalah Envelove, salah satu produk amplop pernikahan yang memang cukup ramai pemesannya. Jadi Envelove ini salah satu dari brand Styleeves yang lebih dulu ada,” jelasnya.

Diakhir wawancara, Rahma menuturkan bahwa walaupun bisnis amplopnya baru berusia satu tahun, namun Styleves sudah memiliki pelanggan se-Indonesia dan terdiri dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Mama Raisa.

‘’Semoga dengan adanya dana bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM ini, saya bisa mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi,’’ pungkas mantan Ketua UKM Fordimapelar UNTAG Surabaya itu.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)