Karya Ilmiah

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan Pendekatan TOWS Matriks

Kusnan | Rabu, 06 Desember 2017 - 12:16:10 WIB | dibaca: 41 pembaca

Dosen Teknik Industri UNTAG Surabaya Wiwin Widiasih, ST.,MT, tertarik melakukan penelitian tentang Tindakan Kelas Metodologi Penelitian Prodi Teknik Industri UNTAG dengan Pendekatan TOWS Matriks, karena dirinya ingin meningkatan kualitas pembelajaran.

Saat ditemui warta17agustus.com, Wiwin mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seorang pendidik perlu melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, serta memperbaiki kondisi dimana praktik-praktik pembelajaran tersebut dilakukan.

“Kelas Metodologi Penelitian Prodi Teknik Industri UNTAG Surabaya berdasarkan observasi pendahuluan yang telah dilakukan ternyata belum mampu terserap dengan baik dirasa oleh mahasiswa. Hal ini terlihat dari masih banyaknya mahasiswa yang belum mampu menyusun proposal seminar Tugas Akhir,” ucapnya.

Pada penelitian ini, kata dia, merupakan penelitian tindakan kelas Metodologi Penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam kelas. Adapun aspek yang menjadi faktor penentunya adalah mencari informasi, menyarikan informasi, membuat kutipan, melakukan referencing, menulis literature review menulis laporan, membuat presentasi, mempresentasikan materi depan umum, dan manajemen riset.

“TOWS matriks digunakan sebagai pendekatan untuk melakukan rumusan strategi dan pembuatan draft buku ajar,” tambah Wiwin.

Pada penelitian Wiwin tersebut terdapat beberapa kesimpulan antara lain: pre-self assessment terhadap kondisi peserta kelas Metodologi Penelitian Prodi Teknik Industri UNTAG Surabaya Semester Genap 2016/2017 telah dilakukan dan perhitungan rating score terhadap aspek self-assessment telah dilakukan.

“Aspek yang paling tidak dikuasai adalah membuat kutipan dan menulis literature review, proses belajar mengajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sesudah pre-self assessment. Selain itu, buku ajar akan diberikan materi lebih tentang membuat kutipan dan menulis literature review,” jelasnya.

Dalam penelitiannya tersebut Wiwin memberikan saran tentang perlunya melakukan uji kecukupan data kuisioner, kuisioner diisi oleh responden atau objek penelitian secara populasi, dan draft buku ajar yang dibuat diusahakan menarik dan interaktif serta komunikatif.

Penelitian Wiwin Widiasih, ST.,MT tersebut berhasil lolos dan mendapatkan hibah dana penelitian mandiri dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya. Adapun hasil penelitianya telah dipresentasikan kepada tim reviewer Monitoring dan Evaluasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada 16 November 2017 lalu.








Komentar Via Website : 2
Cara Mengobati Tukak Lambung Secara Alami
09 Desember 2017 - 08:49:53 WIB
Terimakasih atas informasi yang anda sajikan pada hari ini ? https://goo.gl/n8Rzco | https://goo.gl/if51dd | https://goo.gl/opj5Cr | https://goo.gl/YeQLyT | https://goo.gl/x84td5
Music
09 Desember 2017 - 19:52:38 WIB
<a href="http://cialiseprofessional.ru/">cialis profesional england</a> <a href="http://onlinecanadianepharmacy.ru/">can adian pharmacy</a> <a href="http://rhineincecialis.ru/">Rhine Inc India</a> <a href="http://cialisonlineenoprescription.ru/"> ;cialis online </a> <a href="http://cialiscanadae.ru/">cialis from canada</a> <a href="http://cialisewithoutadoctorsprescription.ru/&q uot;>generic cialis without prescription</a> <a href="http://rxexpresseonline.ru/">pharmacyrx one</a> <a href="http://amoxicillinbuyecanada.ru/">amoxi cillin without perscription</a> <a href="http://tadalafilbesteprice.ru/">tadalaf il india pharmacy</a> <a href="http://levitrawithouteprescription.ru/"> ;levitra samples overnight</a>
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)