Sorotan

Tukar Gagasan Mahasiswa dan Alumni Untag Surabaya untuk Menggali Trend Arsitek Terkini

Redaksi | Jumat, 12 April 2019 - 09:50:41 WIB | dibaca: 17 pembaca

Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Untag Surabaya pada hari Rabu, (10/04/2019), selenggarakan Sarasehan dengan tema ‘’Teknik Menggali Ide bentuk dan Trend Arsitek Terkini’’ di ruang Auditorium Untag Surabaya. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Ikatan Keluarga Besar Arsitektur (IKBA) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur Untag Surabaya (Himarsita), dengan tujuan selain mempererat tali silaturahim juga agar bisa saling tukar gagasan serta diskusi sesama mahasiswa dan alumni arsitektur Untag Surabaya.

Kaprodi Teknik Arsitektur, Muhammad Faisal, S.T., M.T., pada sambutannya mengatakan dengan mengadakan pertemuan antara mahasiswa, dosen dan IKBA dapat menjadikan sebuah wadah untuk berdiskusi, demi meningkatan kualitas sistem pendidikan dan mencetak lulusan yang kompeten dalam bidangnya masing – masing.

‘’Sesuai dengan Undang – Undang Pendidikian Tinggi, bahwa dalam mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya sistem pembelajaran di lingkungan mahasiswa, adalah menciptakan sistem akademik, dengan cara seperti diskusi, seminar, lokakarya, workshop, dan lain – lain. Dari kegiatan tersebut berharap bisa meningkatkan kualitas sistem pendidikan kita,’’ ucapnya.

Sementara itu, Irwan Purwonugroho Hari Putra, pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan terkait Green Building dan beberapa hal penting. Menurut Irwan Purwonugroho, Green Building adalah bangunan yang telah memenuhi 3 aspek, diantaranya menyangkut kualitas lingkungan hidup, Energy Safe dan Sustainable.

‘’Konsep Green Building itu bukan hanya bangunan yang penuh dengan tanaman hijau pada dinding -    dindingnya atau bahkan bangunan yang dicat hijau saja, tapi Green Building merupakan bangunan yang harus memenuhi 3 aspek penting, seperti kualitas lingkungan hidup, Energy Safe dan Sustainable. Karena itu, kita sebagai arsitektur juga harus berwawasan luas tentang lingkungan hidup,’’ papar pria kelahiran 5 Juni tersebut.

Narasumber lain, Pinki Ayako Saputro, menambahkan, bahwa sumber inspirasi untuk memunculkan sebuah ide yang kreatif bisa berasal dari mana saja. Salah satunya adalah dengan mendengarkan alunan nada – nada atau mendengar musik yang disukai.

‘’Kreatifitas adalah sebuah aksi untuk mewujudkan ide yang belum pernah ada. Ada beberapa hal yang membuat kita dapat menemukan ide kreatif, salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik akan merangsang otak kanan kita untuk lebih responsif sehingga dapat memunculkan ide – ide yang lebih kreatif,’’ tutur perempuan yang memiliki darah keturunan Jepang tersebut.

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda

 








Komentar Via Website : 2
obat diet yang aman
15 April 2019 - 15:45:41 WIB
terimakasih infonya bermanfaat
penyebab vertigo remaja
24 April 2019 - 08:23:13 WIB
terimakasih infonya , sangat bermanfaat
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)