berita

UKM Kopma 17 Mengikuti Pelatihan Koperasi Mahasiswa Se-Indonesia

Menik | Senin, 29 Mei 2017 - 11:54:17 WIB | dibaca: 439 pembaca

UKM Koperasi mahasiswa UNTAG Surabaya (Kopma 17) mengikuti Pelatihan Koperasi  Mahasiswa Se-Indonesia di STAIN Kudus, Jawa Tengah (22-24/5/2017). Pelatihan yang bertajuk “Implantasi Jati Diri Koperasi Sebagai Jati Diri Kader dan Jati Diri Negeri” ini merupakan pendidikan Kopma yang terakhir.

Delegasi UKM Kopma 17 Mahmud mengatakan, pelatihan tingkat lanjut koperasi mahasiswa se-Indonesia ini merupakan pemantapan dari diklat dasar dan diklat menengah yang sudah dilaksanakan di kampus masing-masing. Diharapkan dari pelatihan tersebut anggota koperasi mahasiswa mampu mengaplikasikan materi dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari pertama pelatihan kita mendapatkan materi mengenai Relasi Negara dan Koperasi yang disampaikan oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan UMKM RI, dilanjutkan dengan materi kedua tentang Teknik Menyusun Rencana Strategis (Renstra) yang disampaikan oleh Disperinkop Jawa Tengah. Kemudian materi ketiga mengenai manajemen perubahan disampaikan oleh Rio Juara,” jelas mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis tersebut.

Sementara itu, pada hari kedua para peserta pelatihan mendapatkan materi tentang teknik membangun aliansi strategis, teknik menyusun kurikulum pendidikan koperasi yang sesuai kebutuhan dan kondisi kader, ulasan kritis nilai, prinsip dan jati diri koperasi. Selain itu, disela-sela pelatihan diadakan diskusi panel membedah geneologi ekonomi kerakyatan Indonesia.

“Hari terakhir  diadakan malam keakraban untuk mengakrabkan para peserta dan games serta field trip kota Kudus. Pelatihannya sendiri diikuti kurang lebih 60 delegasi dari kampus se-Indonesia,” ucap Mahmud.

Kepada warta17agustus.com Mahmud mengaku senang karena bisa berkumpul dengan kader-kader Kopma di seluruh Indonesia, mendapatkan materi, dan pemahaman baru tentang Kopma dari pakar-pakar Kopma.

“Pulangnya juga berkunjung ke Kopma yang ada di Semarang. Semoga dengan ilmu dan wawasan baru ini bisa bermanfaat bagi diri saya pribadi dan bisa diterapkan di UKM Kopma 17,” tutupnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)